ayam joper umur 2 bulan

Ayam Jawa Super (Joper) Siap Panen

Ayam joper merupakan hasil persilangan antara ras kampung murni dengan petelur. Proses persilangan indukan murni unggulan, ternyata berhasil menciptakan turunan yang bagus. Tujuan dari pembudidayaan jawa super, tidak lain agar kebutuhan pasar akan ayam kampung bisa terpenuhi.

Pasalnya periode masa panen ayam kampung cukup lama antara 5 bulan. Kehadiran ayam joper menjadi solusi untuk memenui demand market. Sebab ayam joper atau jawa super siap panen hanya dalam waktu 60 hari saja, alias 2 bulan. Banyak pengepul ataupun pemilik restauran yang langsung mencari banyak peternakan dengan stok ayam joper siap panen.

Harga Ayam Jawa Super Siap Panen

harga ayam jawa super siap panen
harga ayam jawa super siap panen

Harga ayam jawa super siap panen selalu mengalami perubahan, namun jarang terjadi penurunan harga. Perubahan terjadi karena beberapa hal penyebab, mulai dari banyaknya permintaan. Belum meratanya pembudidayaan joper di wilayah nusantara, menyebabkan bibit masih harus diambil dari Pulau Jawa. Sehingga biaya pengiriman menyebabkan harga setiap wilayah ikut berubah. Termasuk pergerakan fluktuasi pasar, terlebih jika waktu-waktu tertentu maka haga juga akan melonjak.

Sudah lebih dari 15 tahun bisnis ayam joper siap panen, menjadi alternatif perputaran modal usaha peternakan. Keuntungannya sendiri cukup besar, dengan proses perawatan yang tidak sesulit beternak unggas lainnya.

Harga ayam joper siap panen ditentukan dari bobotnya, standar permintaan pasar untuk ayam panen umur 60 hari adalah 800 – 1000 gram. Namun jika hendak di perbesar jawa super bahkan bisa mencapai bobot 2 kilogram. Menariknya pakan untuk membesarkan mereka tidak perlu banyak, melainkan harus seimbang dan diberikan teratur.

Misalkan di Pulau Jawa rata-rata harga ayam joper per ekor antara 40.000 – 60.000. Saat lebaran kemarin bahkan mencapai harga 200.000 per ekornya. Sementara untuk DOC umur 1 hari antara 5.500 – 6.000 per ekornya. Para peternak tidak menjual ayam joper siap panen secara satuan. Sekali pembelian, minimal harus 100 ekor, berbeda halnya jika membeli dipasaran atau pengepul ayam.

Kebanyakan pembeli bingung harus mencari siapa guna memenuhi kebutuhannya atas stok joper. Perhatikan kembali berapa banyak jumlah stok ayam joper siap panen yang diperlukan. Jika memang 100 ekor atau lebih, sebaiknya mencari peternakan di kota anda dahulu.

Trik Sukses Pemasaran Ayam Jawa Super Siap Panen

beternak ayam joper

Tujuan dari beternak ayam joper, tentunya untuk dijual agar memperoleh profit. Peternak yang tidak mengerti bagaimana cara memasarkan hasil panennya. Memilih cara mudah dengan memberikan ke tengkulak atau pengepul. Tentunya harga jual yang diperoleh masih harus dikurangi keuntungan pihak ke dua. 

Mengoptimalkan pemasaran ayam joper siap panen bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya langsung turun ke pasar tradisional. Selain berperan sebagai peternak anda bisa mengambil peran distributor. 

Lakukan survei serta jalin relasi dagang dengan sejumlah pedagang ayam di banyak asar tradisional. Berikan harga yang sedikit lebih murah dari pengepul biasa memasarkan kepada pedagang. Jika orang sudah mengenal kualitas ayam joper siap panen kualitasnya bagus. Maka dengan sendirinya akan mencari tempat tersebut.

Banyak juga ide yang mengatakan untuk menawarkan langsung ke restoran atau rumah makan. Cara ini jika dilakukan sedikit merepotkan, karena umumnya kebutuhan konsumen restoran tidak cukup banyak. Kecuali penawaran diajukan pada rumah makan yang memang khusus menjual ayam. Harga jual ke konsumen bisa lebih tinggi ketimbang para pedagang di pasar.

Memanfaatkan jaringan internet, bisa menjadi wadah cerdas memasarkan ayam joper siap panen. Peternak dapat membuat website yang menjelaskan profil usaha jual ayam joper. Pastikan situs selalu responsif, cantumkan kontak yang bisa dihubungi dengan mudah. Sebaiknya gunakan server hosting yang bagus agar tidak load ataupun mudah downtime. Jangan menggunakan ekstensi domain gratis, karena terlihat tidak meyakinkan.

Cara Pengiriman Ayam Jawa Super Siap Panen

truk membawa ayam joper siap panen

Permintaan ayam joper siap panen, datang dari berbagai kota dan pulau di Indonesia. Jika masih di dalam kota saja, umumnya pengiriman akan dilakukan oleh pemilik tempat peternakan. Bahkan pembayaran juga bisa dilakukan langsung di lokasi. Dalam satu pengantaran, minimal harus 100 ekor baik itu sudah siap panen atau masih bibit sekalipun.

Perkembangan budidaya joper di sejumlah kota di Pulau Jawa memang yang terdepan. Namun tidak sedikit pembeli antar wilayah propinsi Pulau Jawa, melakukan transaksi pemesanan dari propinsi Jawa lainnya. Hal tersebut untuk menekan kenaikan harga jual kepada konsumen, Lantaran kota satu dan lainnya tidak memiliki pasaran yang sama. 

Pengiriman antar propinsi di Jawa, akan menggunakan kargo kereta. Karena harga ekspedisinya tergolong murah, ayam joper siap panen juga bisa tiba kurang dari satu hari. Nantinya pihak pembeli yang bertanggung jawab mengambil paketnya di stasiun. Setiap paket wajib dilampirkan sertifikat vaksin dan surat keterangan sehat dari dokter hewan.

Sementara jika pesanan ayam joper siap panen, datangnya dari luar Pulau Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Bali, Papua, Sulawesi, dan sekitarnya. Bisa menggunakan layanan kargo pesawat, harga pasaran ayam jawa super belum ditambahkan dengan ekspedisi. Karena peternak harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak pengiriman.

Selektif dalam Perawatan Ayam Jawa Super Siap Panen

cara budidaya ayam joper

Meskipun perawatan ayam joper siap panen dikatakan tidak seribet unggas lain. Ketika memiliki boboy terlebih yang baru menetas, peternak harus melakukan beberapa treatmen ekstra hati-hati. Salah dalam menerapkan metode pemeliharaan justru berakibat pada kematian ayam.

Masa panen yang cepat, sedikitnya membuat pelaku usaha ini sedikit bernafas lega. Karena kemungkinan ternak mati lantaran gagal panen sangatlah kecil. Ayam joper sendiri memiliki turunan dari indukannya yang murni ayam kampung, yaitu sistem imunitasnya sangat kuat. Namun itu berlaku untuk umur ayam joper siap panen.

Faktanya umur 1- 21 hari, ternak masih harus dimonitor perkembangan kesehatannya lantaran masih rentan. Mulai dari kondisi kandang yang harus selalu bersih dan hangat. Kemudian keseimbangan gizi pakan ayam joper. Termasuk memberikan vitamin dan vaksin pada ternak.

Peternakan perlu menerapkan manajeman yang benar seputar pemeliharaan jawa super. Mulai dari menentukan karyawan yang bertugas. Jadwal untuk pemberian pakan ternak dan minumnya, setidaknya 3 kali ayam harus makan. Kotoran ternak juga harus selalu dibersihkan supaya tidak menimbulkan bau. Tambahkan serbuk kayu pada lantai setebal 5 cm agar kandang selalu kering dan tidak berbau.

Berikan pakan dengan campuran konsentrat daging, bekatul, jagung bubuk, sayuran. Pastikan dalam pakannya terdapat kandungan protein 30%, serat 40%, kalsium 10%, vitamin 10%, mineral 10%. Jika diperlukan anda bisa membuat air rebusan daun singkong atau daun pepaya. Karena bisa menambah nafsu makan pada ayam.

Periksa secar berkala bobot ayam joper siap panen. Sebelumnya berikan juga vaksin tetelo secara berkala, yaitu pada awal menetas, umur 21 hari dan saat mulai memasuki masa panen. Sementara pencegahan terhadap flu, bisa dengan rutin mensterilkan kandang dengan cairan desinfektan. Kandang harus kosong saat disterilkan. 

Demikian informasi seputar jawa super yang siap untuk dipanen, semoga berguna untuk pembaca!

jual ayam joper

Leave a Comment