ternak ayam arab

Cara Beternak Ayam Arab Petelur yang Menguntungkan

Beternak ayam arab memang sangat menguntungkan dan menjanjikan, produktivitas telur yang tinggi banyak memikat para peternak untuk memutuskan memulai beternak ayam arab ini. Jenis ayam arab dapat menghasilkan 250 telur dalam kurun waktu 1 tahun. Ayam arab ini sudah dapat bertelur dalam usia 5 bulan. Ayam arab memiliki 2 jenis corak warna, yaitu warna perak /silver dan warna merah / emas. Ayam arab memiliki karakteristik yang tidak suka mengerami telurnya sendiri, jadi jika ingin menetaskannya, anda perlu memasukkan ke mesin penetas telur atau bisa juga dititipkan di indukan ayam lain.

Cara Beternak Ayam Arab dengan Mudah

Usaha budidaya ayam arab termasuk jenis bisnis di bidang peternakan yang bisa dijalankan di kota maupun desa. Yang dapat diambil manfaatnya dari ayam arab adalah telur dan daging, namun terutama yang diambil adalah telurnya yang mempunyai harga jual yang cukup tinggi. Untuk produksi telur, ayam arab jagonya. Ia bisa memproduksi telur mencapai 250 butir telur per tahun.

Pemilihan Bibit Ayam Arab

bibit ayam arab

Pemilihan bibit atau doc ayam arab juga sangat mempengaruhi kesuksesan beternak. Dalam memulai ternak ayam arab, peternak harus mengetahui bagaimana pemilihan anak ayam arab yang baik. Untuk mengetahui anak ayam arab berkualitas atau tidak, berikut poin – pointnya :

  • Pilihlah calon Anak ayam arab yang bergerak aktif
  • Pilih DOC ayam arab yang tidak cacat
  • Pilih bibit ayam arab yang tidak ada kotoran yang menempel pada area anus
  • Pilih doc ayam rab yang memiliki mata tajam dan hidung bersih
  • Pilih DOC ayam arab yang memiliki bulu tidak kusam, dan mengkilap
  • Pilih bibit ayam arab yang memiliki bulu pada sekujur tubuh

Nah untuk anda yang sedang mencari doc ayam arab, anda dapat memesannya di kami, karena kami supplier doc ayam arab yang mempunyai kualitas terbaik, anda dapat membaca postingan kami tentang doc ayam arab di link berikut ini : Jual Doc Ayam Arab.

Perhatikan Masa Produktif Ayam

jual ayam arab petelur murah

Ayam arab ini dapat produksi telur selama 2 tahun, namun biasanya optimalnya hanya 1,5 tahun. Periode pertama bertelur pad usia 5 bulan – 8 bulan, pada bulan kedelapan biasanya produktivitas telur meninggi. Setelah itu ayam arab akan istirahat bertelur selama 15 hari. Setelah masa istirahat itu ayam arab akan bertelur kembali secara normal. Produktivitas ayam arab tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan ayam petelur jenis lain, persentase produktifitas telur dapat mencapai 80% sampai 90 %.

Pemberian Pakan Ayam Arab

pakan ayam arab

Seperti yam petelur pada umumnya, ayam arab membutuhkan pakan yang cukup banyak dengan nutrisi yang tinggi. Namun tenang saja, jika dibandingkan dengan ayam petelur lainnya, ayam arab ini membutuhkan pakan yang lebih sedikit, dalam sehari ayam arab hanya membutuhkan pakan sekitar 80 – 90 gram dengan kandungan protein 16 – 18 %. Apabila kandungan protein sudah terpenuhi, maka ayam arab akan bertelur secara terus menerus.

Pakan tersebut diberikan setiap pagi dan siang hari. Cara yang tepat untuk mengetahui ayam arab tersebut nutrisinya terpenuhi atau tidak dengan cara mengecek kualitas telurnya. Jika kualitas pakan bagus dan nutrisinya cukup, maka cangkang telurnya akan tebal dan kuat. Namun jika pakan kurang bernutrisi maka cangkang telurnya akan tipis dan mudah pecah. Jika sudah terjadi hal tersebut, untuk meningkatkan kualitas telurnya perlu diberikan tambahan protein pada konsumsi pakannya.

Saat ini sudah banyak terdapat pakan ternak yang siap diberikan produksi pabrik. Untuk menghemat pengeluaran biasanya para peternak melakukan penambahan dengan bahan pakan alternatif lainnya seperti jagung kuning maupun beatul. Namun perlu diingat bahwa komposisi protein yang diberikan perlu diperhatikan juga.

Pemilihan Kandang Ayam Arab

ayam arab petelur

Yang paling terpenting dalam kandang adalah penempatan arah kandang. Usahakan kandang ayam arab menghadap ke timur atau barat, sehingga sinar matahari dapat dengan mudah masuk kedalam kandang. Sinar matahari sangat menentukan kesehatan dan tingkat stres ayam arab, selain itu sinar matahari dapat membuat kandang tidak lembab dan tidak mudah ditumbuhi oleh jamur.

Suhu ideal untuk kandang ayam arab adalah 27 derajat celcius. Untuk kelembaban berkisar 60 – 80 %. Suhu yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kandang menjadi panas dan ayam mudah dehidrasi dan bisa stress.  Selain itu kebersihan kandang juga harus sangat diperhatikan, dan penyemprotan desinfektant juga perlu dilakukan agar lebih terjamin dari virus dan bakteri.

Untuk ayam arab betina yang hanya dijadikan sebagai petelur untuk tujuan konsumsi, gunakan kandang baterai yang agak miring, sehingga telur yang dihasilkannya tidak kotor dengan kotoran ayam. Namun untuk kandang pejantan atau untuk ayam arab yang mau diambil dagingnya, gunakan kandang ayam yang berbentuk postal / litter ataupun ren, sehingga lebih mudah untuk perawatannya.

Tahapan Kandang Ayam Arab

ayam petelur arab

Untuk kandang doc ayam arab usia 0 – 3 minggu / 1 bulan dapat menggunakan kandang jenis box. Kandang jenis ini dilengkapi dengan pemanas lampu bohlam atau gas olec untuk mengatur suhu dan kelembapan kandang. Dalam satu meter kandang ini bisa muat 70 ekor DOC ayam arab. Dinding kandang boks perlu ditutup agar angin tidak mudah masuk. Lantai bisa terbuat dari ram atau kawat agar kotoran mudah jatuh dan tidak mengotori kandang.

Setelah berumur 1 bulan ayam dapat dipindahkan ke kandang litter ataupun kandang postal hingga berumur 3 – 4 bulan. Kandang liter menggunakan alas yang terbuat dari sekam, serbuk kayu dan kapur dengan tebal sekitar 7 – 10 cm, kegunaannya untuk menyerap kotoran ataupun cairan sisa minuman. Dalam kandang postal fasilitas pemanas ruangan (lampu bohlam) bisa dilepaskan.

Setelah ayam arab berumur 3 – 4 bulan, dapat dipindahkan ke kandang ren ataupun kandang baterai. Untuk pembuahan ayam arab dapat dipindahkan ke kandang ren. Sedangkan untuk bertelur ayam arab dapat dipindahkan ke kandang baterai.

Menentukan Ukuran dan Kapasitas Kandang

Kandang dengan ukuran 4 x 4 meter dan tinggi 2,5 meter dapat menampung 200 DOC hingga umur 1 bulan. Untuk kandang litter dapat diisi ayam dengan kapasitas 5 – 7 ekor per meter pada umur 2 – 5 bulan. Sedangkan untuk umur 5 bulan keatas kapasitas per meter hanya 4 ekor per meter persegi. Di dalam kandang perlu dibuatkan tempat bertengger yang terbuat dari kayu berdiameter kurang lebih 4 cm ditempatkan di ketinggian 40 – 60 cm dari permukaan lantai.

Perkawinan Ayam Arab

ayam arab kawin

Ayam arab mempunyai tingkat keinginan kawin yang sangat tinggi. Dalam satu hari ayam arab dapat berkali-kali melakukan perkawinan. Karakter seperti ini mirip dengan ayam kate, ayam serama, ayam batik kanada dan ayam batik Itali. Dalam melakukan perkawinan komposisi perbandingan jantan dengan betina adalah 1 : 8. Sehingga dalam satu kandang bisa diisi dengan 1 jantan dan 8 betina.

Pengendalian Terhadap Penyakit

Pengendalian penyakit harus dimengerti sejak awal berternak, agar suatu saat bila terjadi penyebaran penyakit kita dapat segara mengatasi dan tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan. Seperti halnya ayam lain, ayam arab juga bisa berpotensi terkena penyakit. Penyakit yang biasa menjangkiti ayam arab adalah jenis ND (Newcastel Desease).

Untuk mengurangi resiko terkena penyakit ayam arab tersebut dapat diberikan divaksin ND. Vaksinasi dilakukan pada saat umur 3 atau 4 hari, umur 10 hari, umur 21 hari dan umur 30 hari. Selain penyakit tersebut, ada juga jenis penyakit yang menyerang hati ayam arab, yang disebabkan virus marek.

Ada beberapa upaya cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terkena penyakit, seperti menjaga kebersihan kandang, serta mengupayakan kandang terkena sinar matahari agar tidak lembab dan ditumbuhi jamur. Kandang yang baik adalah kandang yang mempunyai ventilasi udara yang lancar dan sanitasi di seluruh bagian kandang.

Keistimewaan Usaha Budidaya Ayam Arab

cara beternak ayam arab petelur

Adapun yang menjadi kelebihan atau keunggulan cara ternak ayam arab maupun industri besar banyak sekali, antara lain:

  1. Ayam arab ini mempunyai daya tahan yang sangat kuat terhadap perubahan cuaca.
  2. Tingkat kematian Ayam Arab ini minim sekali karena tingkat stress yang rendah
  3. Biaya makanan bagi ayam arab lumayan irit sekitar 80 gram per hari dengan kandungan protein 18 persen.
  4. Masa produktif bertelur lumayan panjang hingga 18 bulan.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha beternak ayam arab sangat cocok untuk dijalankan oleh seorang pemula. Baik pensiunan, mahasiswa, ibu rumah tangga atau irt, pelajar, karyawan, dan kalangan lainnya. Sebab resiko kerugian usaha sangat minim. Anda juga bisa memulai usaha ternak ayam arab secara kecil-kecilan. Dimulai dari beberapa ekor anak ayam arab saja yang berusia empat bulan.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, ayam arab akan menghasilkan banyak telur per hari. Setelah, usaha budidaya ayam arab petelur menguntungkan maka anda bisa merambah ke bisnis sejenis yang masih berhubungan. Seperti jual beli bibit anak ayam arab atau DOC yang berusia satu hari.

Peluang Usaha Beternak Ayam Arab Rumahan Modal Kecil

ayam arab petelur

1. Ayam Arab, Ayam yang Unggul

Mungkin untuk sebagian orang mendengar nama ayam arab masih sangat asing. Namun bagi para peternak ayam petelur, ayam arab sudah sangat familiar yaitu sebuah jenis ayam unggul yang bisa menghasilkan banyak telur per hari dengan kualitas sangat bagus. Kualitas telur ayam arab jauh lebih baik dari telur ayam kampung pada umumnya.

2. Telur Ayam Arab Sama Bagus Dengan Telur Ayam Kampung

Seperti yang kita ketahui, telur ayam kampung mempunyai kualitas lebih baik dari telur ayam negeri atau ayam ras petelur. Dan kualitas telur ayam arab ini sama bagusnya dengan telur ayam kampung biasa. Sehingga harga telur ayam arab sama mahalnya seperti telur ayam kampung biasa. Apalagi telur ayam arab mempunyai banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Apabila anda sedang mempertimbangkan untuk membuka sebuah usaha yang sangat menjanjikan di bidang peternakan maka usaha budidaya ayam arab secara rumahan bisa menjadi pilihan yang utama. Karena usaha ternak ayam arab bisa dijalankan dengan modal kecil dengan resiko kerugian sangat kecil. Bisnis beternak ayam arab lebih menguntungkan ketimbang usaha beternak ayam jenis yang lain. Meskipun dijalankan secara kecil-kecilan dan rumahan, usaha budidaya ayam arab petelur tetap menguntungkan. Apalagi jika dijalankan secara profesional dan intensif skala menengah dan besar.

Kalau anda harus memilih untuk membuka usaha ternak ayam kampung atau usaha ternak ayam arab maka saran penulis adalah untuk memilih bisnis budidaya ayam arab. Karena produktivitas bertelur ayam arab lebih baik dari ayam kampung biasa. Hal ini nggak terlepas dari sifat ayam arab yang hobi kawin. Selain itu, telur yang dihasilkan ayam arab ini memiliki kualitas lebih baik dari telur ayam kampung biasa. Harga telur arab lebih mahal daripada telur kampung biasa.

Demikian informasi lengkap mengenai peluang usaha cara berternak ayam arab. Saat ini sudah semakin banyak yang memilih untuk beternak Ayam Arab karena dipercaya akan membawa keuntungan lebih. Bahkan banyak yang membuat dokumentasi tentang video peternakan ayam arab, cara budidaya ayam arab, maupun cara memelihara ayam arab untuk memberikan informasi lebih jelas. Jika Anda termasuk salah satu yang ingin mencoba dunia peternakan, mungkin budi daya ayam arab ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Leave a Comment