Cara Beternak Ayam Joper

Cara Beternak Ayam JoperAyam Joper merupakan singkatan dari Ayam Jawa Super. Ayam Joper merupakan hasil perkawinan silang antara ayam broiler (pedaging) dengan ayam kampung atau ayam lokal. Beternak ayam Joper kini tengah menjadi topik yang ramai di kalangan masyarakat.

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis ternak ayam Joper ini. Diantaranya ayam Joper memiliki kemampuan tumbuh lebih cepat dari pada ayam kampung biasa sehingga masa panennya pun lebih cepat, harga jual ayam Joper di pasaran cenderung tinggi dan stabil sehingga bisa memberikan keuntungan lebih pada peternak.

Cara Beternak Ayam Joper

Keunggulan ayam Joper ini tidak muncul begitu saja. Namun dikarenakan sifat asli dari indukannya yakni ayam broiler dan ayam kampung atau ayam lokal. Ayam broiler memiliki pertumbuhan yang cepat dan daging yang lebih gemuk. Ayam broiler ini banyak dijual di pasaran untuk konsumsi sehari-hari ataupun bisnis rumah makan.

Sedangkan ayam kampung terkenal dengan rasanya yang sangat enak dan memiliki daya tahan tubuh tinggi dari berbagai macam penyakit unggas. Maka tak heran jika keunggulan-keunggulan tersebut kemudian menyatu dalam spesies baru, yakni ayam Joper sehingga pantas dibanderol dengan harga tinggi.

Tak sedikit masyarakat yang kemudian tertarik untuk terjun dalam usaha ternak ayam Joper. Beternak ayam Joper sebenarnya tidaklah sulit. Anda sebagai pemula pun bisa melakukannya. Hanya saja memang dibutuhkan kerja keras dan ketekunan dalam memeliharanya. Nah, bagaimana cara beternak ayam Joper yang benar?

Cara Mudah Beternak Ayam Joper yang Sukses

Berikut ini cara beternak ayam Joper yang dapat menjadi referensi Anda sebagai pemula untuk memulai usaha ternak ayam Joper:

1.Carilah Referensi
Bagi Anda yang merupakan pemula atau orang yang baru akan mencoba, maka sangat disarankan untuk mengumpulkan banyak referensi tentang beternak ayam Joper. Referensi tersebut dapat Anda temukan dalam buku yang ada di perpustakaan ataupun toko buku, internet serta para peternak ahli. Selektiflah dalam memilih! Tanyakan berbagai hal terkait beternak ayam Joper pada narasumber yang tepat. Pastikan informasi yang Anda peroleh tercatat dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Kesalahan informasi yang Anda ikuti dapat menyebabkan kegagalan dalam beternak ayam Joper. Jadi Anda harus menyaring terlebih dahulu segala informasi yang telah diterima sebelum menerapkannya.

2.Kandang
Kualitas makhluk hidup tergantung pada tempat tinggalnya. Tak terkecuali bagi ayam Joper. Kandang yang baik, sesuai ketentuan dan nyaman akan menjadi rumah yang tepat untuk ayam Joper bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal. Tetapi, jika kandang tempatnya hidup dalam keadaan kotor dan tidak sesuai prosedur, maka ayam Joper justru akan stres dan terhambat pertumbuhannya. Dampak yang lebih parah ialah kematian atau gagal panen.

Anda tentu tidak ingin mengalami hal buruk itu, bukan? Jadi, buatlah kandang ayam Joper senyaman mungkin. Jangan sampai Anda menyamakan kandangnya seperti kandang ayam kampung biasa yang bisa dilepas kapan pun. Padahal ayam Joper ini memiliki karakteristik tersendiri dan perawatan yang intensif.

Idealnya kandang ayam Joper ditempatkan jauh dari pemukiman warga, terjaga kebersihannya, tercukupi kebutuhan airnya dan dapat dijangkau dengan transportasi biasa. Perhatikan pula arah pembuatan kandang. Kandang yang baik ialah yang mendapatkan sirkulasi udara yang cukup, yakni kandang dengan arah membujur dari arah timur ke arah barat.

Selain sirkulasi, atur pula sinar matahari yang masuk ke kandang tetapi tidak secara langsung. Ini untuk mencegah agar ayam Joper tidak kepanasan selama siang hari. Kelembaban kandang juga perlu diperhatikan. Kandang harus rutin dibersihkan agar tidak terlalu lembab ataupun pengap. Ukuran kandang juga harus sesuai dengan jumlah dan umur ayam Joper yang diternak. Jangan sampai terlalu sempit atau longgar.

3.Pemberian Pakan
Pakan merupakan faktor utama keberhasilan dalam beternak ayam Joper. Setiap harinya, pemberian pakan terhadap ayam Joper harus sesuai dengan porsi dan nutrisi yang dibutuhkan. Pakan ayam Joper bisa Anda dapatkan di toko pakan ternak terdekat. Namun, sebelumnya Anda harus memberi tahu kepada penjual terkait dengan umur ayam Joper yang sedang diternak karena pakannya harus sesuai dengan umurnya. Ayam Joper yang masih kecil memerlukan pakan dengan tekstur halus dan mudah dicerna.

Pastikan Anda mengontrol pakan ayam Joper tersebar merata. Jangan sampai ada ayam Joper yang tidak mau makan atau tidak kebagian pakan sehingga pertumbuhannya terhambat, bahkan berakhir fatal. Jika hal tersebut terjadi, maka segera periksa ayam Joper yang bersangkutan untuk ditangani lebih lanjut.

4.Pilihlah Bibit Unggul

“Buah jatuh tak jauh dari pohonnya”

Pepatah ini tidak hanya berlaku untuk manusia, tetapi juga ayam Joper. Kualitas ayam Joper sangat ditentukan oleh bibitnya. Jadi, pilihlah bibit yang unggul. Jika Anda beternak ayam Joper untuk dimanfaatkan dagingnya, maka pilihlah bibit yang bertubuh besar dan cepat pertumbuhannya. Pilihlah bibit yang waktu penetasannya tepat 21 hari, tidak kurang maupun lebih. Atau istilah lainnya ialah normal.

Kualitas unggul bibit ayam Joper ditandai dengan kesehatannya yang baik, mata bersinar, tubuh tegap, tidak cacat dan bulu yang bersih dan mengkilap. Jika tidak ditemukan salah satu dari tanda-tanda tersebut, maka bisa dipastikan jika bibit ayam Joper tersebut dalam kondisi sakit sehingga tidak layak untuk diternak. Jadi, Anda harus benar-benar teliti dalam memilih bibit ternak ayam Joper.

5.Manajemen Pemeliharaan
Tahap selanjutnya ialah manajemen pemeliharaan. Setiap detail dari mulai kebersihan kandang, pemberian pakan, pertumbuhan hingga kesehatan ayam Joper harus diperhatikan dengan cermat dan teliti. Anda harus paham bahwa manajemen pemeliharaan sangat menentukan keberhasilan usaha ternak ayam Joper.

Manajemen pemeliharaan antara lain mengontrol selalu kebersihan kandang, pemberian pakan dan vaksinasi ayam Joper. Anda harus rutin membersihkan kandang agar tidak kotor dan menimbulkan dampak buruk pada ayam Joper. Kebutuhan pakan tiap harinya harus dipenuhi dengan baik. Sebagian ayam Joper harus ditimbang bobotnya setidaknya seminggu sekali untuk mengetahui apakah pakan yang diberikan sudah bekerja dengan baik atau justru sebaliknya. Vaksinasi juga harus diberikan secara teratur agar ayam Joper terhindar dari segala macam penyakit unggas.

6.Solusi Penyakit Unggas
Bukan tidak mungkin ayam Joper yang diternak dapat terkena penyakit. Apalagi jika yang diternak dalam jumlah besar. Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam mengontrol kesehatan ayam Joper yang Anda ternak. Ingatlah kembali tanda-tanda ayam Joper yang sehat! Jika ditemukan ada ayam Joper yang tidak sesuai tanda-tanda sehat, maka bisa dipastikan ayam Joper tersebut sedang sakit dan harus segera dipisahkan untuk ditangani sehingga tidak menular pada yang lainnya.

Obat dari penyakit ayam Joper bisa dibeli di toko ternak unggas terdekat atau di balai-balai peternak ayam. Namun, tidak semua jenis penyakit unggas bisa ditangani. Terkadang ada yang sulit diobati atau belum ada obatnya, sehingga solusi terbaik adalah memisahkannya dengan tetap terus memberikan perawatan dan pakan terbaik.

Jangan berpikir untuk mengonsumsinya karena bisa jadi penyakit ayam Joper tersebut berpindah kepada Anda yang justru membuat Anda jatuh sakit dan berujung pada kerugian yang lebih besar. Lebih baik tanyakan kepada ahlinya untuk penangan lebih lanjut.

7.Panen
Masa panen merupakan tahap yang paling dinanti oleh peternak. Ayam Joper yang sudah memasuki masa panen ialah ayam yang sudah sesuai berat dan umurnya dengan permintaan pasar. Maka timbang dengan benar setiap ayam Joper sebelum diambil untuk dijual. Perhatikan juga harga pasarnya, apakah sedang naik, stabil atau justru turun. Jika bisa juallah ayam Joper pada saat harganya sedang naik atau stabil. Meski biasanya harga jual ayam Joper tetap stabil, namun ada kemungkinan harganya bisa turun. Jadi, sering-sering mengecek harga pasarannya.

Pilihlah pembeli yang tepercaya dan mudah dihubungi, terlebih yang akan membeli dalam jumlah besar. Intinya berhati-hatilah setiap kali melakukan transaksi.

Itulah pembahasan mengenai Cara Beternak Ayam Joper untuk Anda yang tertarik untuk mencobanya. Pahami setiap langkahnya dengan benar agar Anda bisa meraih keuntungan optimal. Jika Anda belum menguasai langkah-langkah di atas dengan baik, sebaiknya jangan memulai untuk ternak ayam Joper.

Jadi, Anda harus lebih dulu menguasai materinya sebelum terjun ke lapangan langsung. Jika di perjalanan Anda menemui kegagalan, jangan menyerah dan teruslah berusaha sampai bisa! Selamat mencoba!

Bagi Anda yang ingin beternak ayam Joper kualitas unggul, kini Anda bisa mendapatkan bibitnya dengan mudah melalui CV. Nitnot. Perusahaan yang melayani pembelian DOC/ bibit ayam Jawa Super atau ayam Joper meliputi karkas ayam, daging ayam hingga ayam joper siap panen dan lain-lain. CV. Nitnot terletak di Blitar Jawa Timur (Pusat Peternakan Ayam). Kami melayani pembelian di seluruh Indonesia. Silakan menghubungi via Telp/SMS/WA : 081222223880 .

Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda! Kami tunggu pesanan ayam Joper Anda!

Leave a Comment