Inilah Rahasia Cara Beternak Bebek Baik Pedaging & Petelur

Saat ini, semakin banyak pebisnis pemula yang mulai merambah dunia peternakan. Hal tersebut wajar karena mulai banyak yang membuktikan bahwa dunia peternakan memang bisa menghasilkan keuntungan yang tidak main-main jika benar dalam mengelolanya. Untuk para pemula yang baru terjun di dalam usaha pemeliharaan bebek tentu masih mengalami banyak kebingungan. Bagaimana cara ternak bebek petelur bagi pemula, apakah bisa beternak bebek petelur di lahan sempit, Kira-kira bebek jenis apa yang menguntungkan, Jika dari jenis pemeliharaannya lebih mudah bebek petelur atau pedaging? Untuk dana yang dibutuhkan lebih banyak mana? Untung rugi ternak bebek petelur, Pakan ternak bebek petelur kering. Dan masih banyak pertanyaan sejenis, untuk menjawabnya tentu membutuhkan data yang akurat.

Oleh karena itu penting sekali bagi Anda untuk mencari banyak informasi mengenai bebek petelur sebelum memutuskan untuk membudidayanya. Karena akan menimbulkan resiko yang besar sekali jika Anda tidak cukup ilmu dalam penanganannya. Oleh karena itu, kami menyajikan berbagai informasi seputar bebek peterur seperti berikut ini.

Kupas Tuntas Informasi Tentang Bebek Petelur

Jenis Bebek Petelur

Bebek Petelur

Untuk bebek petelur yang lebih potensial adalah bebek mojosari, hibrida petelur, bebek tegal, bebek alabio, bebek magelang, bebek cirebon dan bebek bali. Sedangkan untuk jenis bebek pedaging adalah bebek lokal jantan, bebek peking dan hibrida pedaging. Untuk bebek yang bisa dijadikan petelur dan pedaging adalah bebek ratu raja (persilangan antara bebek mojosari dan alabio). Setelah mengetahui apa perbedaan di dalam pemeliharaan, masa panen dan estimasi modal yang diperlukan maka ada beberapa pertimbangan dalam menentukan jenis bebek yang ingin dipelihara sebagai bebek ternakan keluarga.

Modal yang Dibutuhkan

modal bebek

Untuk pemeliharaan bebek petelur lebih membutuhkan modal yang banyak dibandingkan dengan bebek pedaging. Bebek petelur ada 2 jenis yaitu bibit bebek petelur dan bebek siap telur. Jika memelihara yang siap telur maka biaya yang dibutuhkan lebih banyak lagi. Bebek petelur mulai dapat berproduksi umur 5–6 bulan sedangkan bebek pedaging pada membutuhkan waktu 5–6 minggu sudah mulai dapat dipanen, tergantung jenis bebek.

Manajemen Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan bebek pedaging sampai umur 5–6 minggu, dengan kebutuhan protein bagi bebek periode starter 20–22% sedangkan di periode grower kebutuhan protein 16–18%. Pemberian pakan secara bebas namun dalam porsi yang sedikit-sedikit. Pemberian yang banyak bisa membuat pakan banyak terbuang atau ada resiko nggak bisa langsung habis.

Sedangkan untuk bebek petelur pemeliharaan bisa mencapai 2–3 tahun dengan masa produksi awal di umur 5–6 bulan. Kebutuhan protein untuk masa starter berkisar 20–22%, masa grower 15–16% dan di periode layer membutuhkan 19–20%. Pemberian pakan dibatasi ketika umur 4–16 minggu.

Cara Beternak Bebek

memelihara bebek
Seorang peternak bebek berpindah menggembala bebek piaraannya di persawahan desa Pucangrejo, Pegandon, Kendal, Jateng, Rabu (12/2). Peternak bebek ini selalu berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain yang sedang musim panen padi untuk memangkas biaya pakan bebek. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/ed/mes/14

Saat ini semakin populernya beternak bebek, sampai banyak orang yang berbondong – bondong untuk beternak bebek. Sebenarnya beternak bebek itu gampang seperti memberi pakan, membersihkan kandang, tapi jangan anggap beternak hewan unggas adalah hal yang gampang.

Beternak sehingga menghasilkan keuntungan / profit yang bisa memajukan peternakan bebek kamu itu susah, apalagi jika kamu pemula.

Hewan unggas berbeda dengan benda mati, beternak membutuhkan sesuatu yang dinamakan perasaan dan langkah – langkah yang tepat.

Tapi jangan khawatir, admin ayamjoper.id kali ini akan membagikan suatu panduan yang berisikan langkah – langkah yang bisa dengan mudah dingerti untuk peternak bebek sekalipun.

Berikut merupakan langkah cara beternak bebek pedaging dan petelur.

Mempersiapkan Kandang Bebek

Sebagai peternak sekaligus pengusaha bebek, tentunya kita menginginkan usaha bebek kita menjadi untung dan profit. Untuk mengawali itu hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan kandang bebek.

Kandang bebek merupakan hal yang paling vital di sebuah peternakan, karena kandang adalah tempat berlindung dan tempat sehari – hari yang ditempati bebek. Ada sebagian kandang yang awet hingga 10 tahun.

Untuk membuat kandang yang bisa mencapai usia hingga 10 tahun maka kita perlu mempersiapkan material kayu dan semen.

Kandang Box (Periode Starter)

Kandang box biasanya terbuat dari kayu maupun bambu, kandang ini disebut dengan kandang box karena memiliki bentuk yang sangat mirip dengan box. Jika kandang anda terbuat dari kayu atau bambu, gunakanlah jarak  antar 1- hingga 2 cm yang berguna untuk memberikan ventilasi sekaligus sebagai tempat pembuangan kotoran bebek dan berguna agar bebek tidak terperosok.

Pada fase starter anakan bebek atau DOD bisa dimasukkan ke dalam kandang box selama 1 hingga 20 hari. Buatlah sekat  di dalam kandang box yang bisa menampung DOD sesuai dengan ukurannya. Biasanya ukuran kandang box adalah 1 x 1 meter untuk 80 ekor.

Beginilah kira – kira tampak dari desain kandang box bebek.

kandang box bebek
Kandang Box Bebek

Anda tidak perlu bingung untuk memberikan pakan di kandang box karena tempatnya yang tertutup, cukup anda berikan pakan dengan nampan plastik. Untuk alasnya bisa anda berikan sekam dengan ketebalan 2 cm dan lampu kuning untuk memberikan kehangatan bagi DOD.

Kandang Pembesaran Bebek

Setelah DOD / bibit bebek berada di kandang starter selama kurang lebih 20 hari, saatnya bebek untuk dipindah ke kandang pembesaran untuk memaksimalkan petumbuhan bebek.

Dalam jenisnya kandang pembesaran ada dua, yaitu kandang pembesaran bebek untuk pedaging dan petelur. Berikut merupakan langkah – langkah untuk membuat kandang pembesaran bebek.

Kandang Bebek Pedaging

kandang bebek

Contoh kandang bebek pedaging yang baik yakni yang penuhi syarat-syarat, yakni meliputi tempat yang jauh dari keramaian atau keributan, transportasi gampang, gampang temukan air serta aman dari masalah binatang buas.

Berikut merupakan jenis kandang bebek pedaging.

Kandang Bebek Panggung

Kandang bebek panggung adalah kandang yang direkomendasikan sebagai kandang pembesaran bebek pedaging, sebab kandang condong masih terasa kering hingga risiko terserang penyakit lebih kecil.Kering yang dimaksud disini adalah bukan kandang yang berisi kubangan namun terpisah, sehingga kita harus sering mengajak jalan – jalan bebek tersebut ke tempat air.

Selain itu kandang bebek panggung mempunyai kekurangan yakni bebek kekurangan mineral yang umumnya didapatkan dari tanah. Hal ini membuat peternak harus seringkali bersihkan kotoran yang melekat di lantai panggung.

Kandang Koloni Postal

Tipe kandang postal untuk kandang pembesaran bebek ciri – cirinya adalah semua bagiannya tertutup rapat tidak ada ruang terbuka yang bisa digunakan bebek untuk bermain. Kandang ini dibikin dengan dengan sekat – sekat yang mana sekat itu dihuni oleh bebek dengan usia yang tidak sama – beda.

Lantai kandang ini berbentuk semen, litter, atau bilah – bilah bambu atau kayu. Kandang bebek petelur intens dapat Anda aplikasikan dengan memakai skema kandang bebek postal ini.

Skema kandang postal termasuk juga kandang bebek petelur simpel yang dapat diaplikasikan oleh peternak pemula. Kandang bebek petelur yang tertutup pada kandang postal ini cukup efisien untuk pelihara bebek pedaging dengan cara intens.

Kandang Ren

Kandang pembesaran bebek pedaging selanjutnya adalah kandang ren. Kandang ren adalah kandang yang terbagi dalam tempat beratap serta beberapa tempat terbagi dalam tempat yang tidak beratap pada bentuk bagunannya serta cuma dikelilingi dengan pagar dengan bahan dasar kayu.

Bentuk kandang ini pas diaplikasikan untuk bebek dewasa. Di sisi yang beratap kandang umumnya disekat – sekat untuk membagi bebek berdasar barisan usia.

Kandang Bebek Petelur

Untuk bikin kandang bebek petelur yang bagus Anda dapat pilih salah satunya tipe dari jenis tipe kandang bebek petelur yang baik di atas seperti yang kami merekomendasikan. Lantas anda tidak perlu bingung tentang ukuran kandang bebek petelur baik, kami akan membahas satu persatu.

Berikut merupakan jenis kandang pembesaran bebek petelur.

Kandang Bebek Sistem Baterai

Kandang pembesaran bebek pertama adalah kandang bebek sistem baterai. Tipe kandang ini hampir sama juga dengan kandang baterei untuk ayam petelur yakni kandang perorangan. Kandang baterei disatukan di satu tempat lantas dikasih atap serta dindingnya dikasih pagar dengan anyaman bambu atau kawat.

Pengerjaan kandang ini dibikin dengan memakai sekat – sekat serta tiap petak cuma berisi seekor bebek. Pada lantai kandang dibikin sedikit miring supaya telur yang baru keluar dari indukan bebek langsung bisa menggelinding ke tempat penampungan dibagian depan atau belakang.

Kandang Bebek Petelur Sistem Kering

Bebek Petelur

Kandang bebek petelur yang kedua adalah kandang bebek petelur skema kering. kandang ini merupakan salah satu type kandang yang banyak dipakai di wilayah perkotaan. Ini sesuaikan dengan keadaan tempat yang tidak jauh dari permukiman hingga tidak memunculkan pencemaran berbau karena kotoran bebek.

Beternak bebek petelur di tempat sempit, mungkinkah? Meski begitu, hal yang perlu jadi perhatian yakni luas tempat harus sesuai jumlahnya bebek yang akan diternakkan, supaya bebek masih dapat bergerak dengan nyaman (tidak depresi).

Mempersiapkan DOD / Bibit Bebek Berkualitas

Langkah setelah itu adalah menyiapkan bibit dari bebek yang akan kamu upayakan nanti. Dalam step ini, kamu bisa pilih tipe bebek mana yang ingin kamu budidayakan, baik itu bebek petelur maupun bebek pedaging.

Bila pilih bebek petelur, karena itu kamu mempunyai tujuan untuk memanen telurnya saja, sedang bebek pedaging adalah bebek yang nanti kamu akan ambil dagingnya.

Hal yang penting kamu sediakan terlebih dulu adalah modal untuk beli bibit bebek. Kamu bisa pilih bebek yang masih tetap kecil maupun bebek yang telah siap untuk bertelur, sesuai keinginanmu. Tetapi hal penting yang perlu kamu lihat adalah kualitas dari bebek itu.

Walau bibit unggul yang bermutu umumnya dipasarkan tambah mahal, tetapi ini akan memengaruhi usahamu nanti.

Bila saat ini kamu pilih untuk beli bibit unggul, karena itu kamu dapat membuahkan bebek yang unggul nanti. Sedang bila kamu pilih bibit yang biasa, karena itu nantinya kamu harus beli bila ingin bebek yang unggul.

Berikut langkah – langkah memilih bibit bebek yang baik.

  • Pilih telur tetas dari indukan bebek yang unggul.
  • Pelihara induk bebek yakni pejantan serta betina yang unggul dengan arah bisa membuahkan telur tetas dan dapat ditempatkan di ayam atau mesin penetas.
  • Beli DOD (Day Old Duck) yang bermutu.
  • Ciri DOD yang bermutu serta baik yakni tidak cacat atau sakit serta mempunyai bulu berwarna kuning mengkilap.

Perawatan Bebek

Bibit yang barusan diterima sebaiknya langsung diatasi. Penanganannya yakni bibit diterima serta langsung diletakkan di kandang brooder (indukan).

Berikut cara untuk merawat bebek.

  • Untuk kandang brooder harus memerlukan perhatian yang intens. Upayakan anak bebek menyebar dengan cara rata.
  • Untuk 1 brooder (box) untuk 1 m2 bisa memuat 50 ekor DOD. Harga bebek peking mempunyai ketidaksamaan.
  • Untuk harga bebek peking dewasa seputar 35. 000 tetapi untuk harga bibit bebek potong seputar 10. 500 ke atas. Tetapi untuk harga bebek peking siap potong umumnya seputar 30. 000.

Pemasaran Bebek Pedaging dan Bebek Petelur

Pada saat ini tingkat konsumsi telur terus mengalami peningkatan. Dengan demikian juga permintaan daging bebek yang mengalami peningkatan. Untuk telur konsumsi pemasarannya lebih mudah karena banyak pembeli yang bisa menampung dalam jumlah banyak. Harga bebek pedaging untuk saat ini cukup stabil bahkan di hari-hari tertentu mengalami kenaikan harga. Dalam memasarkan daging bebek maupun telur bebek bisa melalui penjualan langsung ke pembeli, dijual melalui media social facebook dan instagram. Di setiap wilayah biasanya ada penampung hasil panen yang nantinya akan dijual lagi ke luar wilayah.

Resiko Kerugian saat Beternak Bebek Petelur atau Pedaging

pakan entok

Di dalam hal resiko kerugian, antara bebek petelur dan bebek pedaging mengalami perbedaan. Bebek pedaging karena usia panen cukup singkat dan modal yang dikeluarkan lebih sedikit (harga DOD atau bibit bebek lebih terjangkau) maka resiko juga bisa lebih rendah dibandingkan pemeliharaan bebek pedaging. Jika dalam jangka waktu maksimal 8 minggu pada analisa usaha menunjukkan kerugian maka kita bisa menutup usaha peternakan bebek pedaging. Sehingga kerugian hanya pada 8 minggu tersebut.

Hal ini berbeda jika kita memelihara bebek petelur. Modal yang dikeluarkan jauh lebih banyak apabila kita membeli bebek siap telur. Kalau membeli bebek siap telur dan ternyata ada kerugian, maka kerugiannya cukup banyak karena modalnya sangat besar. Sedangkan bila di tahap awal membeli bebek yang masih anakan, setelah kita analisa usaha ada kerugian setelah bertelur maka kerugiannya cukup banyak karena telah dipelihara dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 7 bulan).

Untuk mengatasi adanya kerugian maka kita bisa menggabungkan antara pemeliharaan bebek petelur dan pedaging dalam jangka waktu bersamaan. Dengan melihat produktivitas bebek petelur yang mulai aktif setelah umur sekitar 6 bulan, maka kita akan terus menerus mengeluarkan biaya pakan dan biaya pemeliharaan lainnya. Nah, jika kita memelihara bebek pedaging maka pengeluaran pakan dapat ditunjang dari hasil panen bebek pedaging. Sehingga keuntungan bebek pedaging bisa menutupi biaya bebek petelur.

Cara Penanggulangan Bebek Terhadap Penyakit diantaranya:

Menjaga kebersihan kandang. Hal tersebut penting terutama untuk mencegah dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Pengobatan terhadap penyakit yang disebabkan bakteri dengan cara disemprot menggunakan disinfectant dan pengobatan dengan antibiotik.

Pemberian vaksinasi di anakan bebek yang berumur 3 hari, 10 hari dan 21 hari. Pemberian vaksinasi untuk mencegah bebek terkena penyakit. Kalau nggak diberikan vaksinasi maka bebek terkena penyakit yang disebabkan oleh virus. Cara penanggulangannya dengan menyemprot kandang menggunakan disinfectant dan pemberian vitamin A, C dan E.

Cara Meningkatkan Produksi Telur

Untuk meningkatkan produksi telur, peternak juga bisa menggunakan cara ternak bebek petelur kering. Yang dimaksud dengan kandang sistem kering adalah pemeliharaan dalam suatu kandang dengan nggak diberikan akses keluar kandang. Jadi segala aktivitas bebek hanya berada di dalam kandang. Dengan menerapkan sistem kandang kering bisa meningkatkan produksi telur karena jumlah pakan terkontrol dan bebek nggak membuang energi untuk aktivitas bermain. Selain meningkatkan produktivitas dalam bertelur, ada juga cara ternak bebek pedaging 40 hari menggunakan cara organik, hal ini bertujuan supaya hewan ternak cepat besar.

Dengan pemeliharaan yang sederhana, pakan yang tepat dan ditunjang dengan pemeliharaan yang intensif bisa menghasilkan produksi telur yang bagus. Hal itu menepis anggapan bahwa memelihara bebek dalam jumlah yang besar dan modal yang banyak bisa menghasilkan produktivitas yang tinggi juga.

Demikian informasi mengenai serba-serbi beternak Bebek Petelur. Bagaimana?? Apakah Anda berminat untuk memulai beternak bebek petelur modern? Sebaiknya Anda mulai memikirkannya sebelum peluang itu diambil orang lain. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi lebih mendalam seputar beternak bebek petelur melalui internet atau bahkan secara langsung dengan peternak senior. Hal itu akan membantu Anda mendapatkan pengalaman secara tidak lansung dan dapat menambah wawasan Anda.  Selamat Mencoba semoga artikel ini bermandaat.

Last Updated on

Leave a Comment