bibit puyuh pedaging

Cara Beternak Puyuh

Ketika memperkirakan suatu transaksi atau penjualan akan menghasilkan untung, sebaiknya anda juga harus berpikir bahwa transaksi tersebut bisa saja menghasilkan kerugian. Jika sudah diantisipasi seperti itu, Anda bisa menemukan rencana lain untuk mengatasinya. Sehingga tidak kaget ketika hal burut tersebut benar-benar terjadi.

Bongkar Cara Beternak Burung Puyuh Bagi Pemula

Berikut ini adalah tahapan cara beternak burung puyuh yang baik dan benar

  1. Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Ternak Puyuh 

Lingkungan ternak puyuh harus yang cukup ideal, seperti jauh dari jalan besar, pasar, bengkel, atau sumber kebisingan lainnya. Karena hal ini bisa mengakibatkan burung puyuh stress sehingga bisa sulit untuk bertelur dan berkembang biak.

Nah, itu dia persyaratan ternak puyuh yang harus kita lakukan. Pastikan kandang burung puyuh ini berada di lingkungan yang tenang dan jauh dari keributan.

  1. Lokasi Ternak Puyuh

    Ternak Puyuh Petelur

Setelah syarat di atas kita penuhi, sebaiknya lokasi ternak puyuh kita:

  • Letaknya mudah dijangkau, kalau bisa strategis supaya memudahkan kita dalam proses transportasi dan penjualan
  • Lokasi juga sebaiknya terbebas dari wabah penyakit
  • Hindari lokasi yang rawan banjir, jika iya, sebaiknya anda membuat kandang panggung yang memiliki tiang pondasi yang tinggi dan kokoh
  • Kandang puyuh sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik
  1. Persiapan Kandang Puyuh

    cara ternak puyuh petelur

Setelah segala macam teori kita lewati, berikut ini adalah persiapan membuat kandang puyuh, buatlah kandang puyuh yang:

  • Mempunyai temperatur suhu sekitar 20-25°C dengan tingkat kelembaban sekitar 30-80%
  • Hangat, berikan penerangan dengan memakai lampu 25-40 watt di siang hari dan pada malam hari memakai lampu 40-60 watt
  • Memiliki model kandang ideal, ada 2 jenis kandang puyuh yaitu sistem sangkar (batere) dan sistem litter (lantai sekam ).

Pembuatan Kandang Puyuh 

  1. Kandang sebagai Induk Pembibitan

    Kandang puyuh petelur modern dan baterai
    Kandang ini sangat mempengaruhi hasil produktivitas dan kualitas dari telur puyuh itu. Sesuaikan ukuran kandang yang Anda buat dengan jumlah indukan puyuh yang dipelihara. Kandang puyuh yang ideal untuk digunakan pembibitan yaitu 1 ekor puyuh dewasa dengan luasan kandang 200 m²

  2. Kandang Untuk Indukan Petelur

    kandang bambu puyuh petelur
    Jenis kandang yang kedua adalah untuk indukan yang menghasilkan telur yang bisa kita jual. Kandang ini mempunyai ukuran yang sama dengan jenis kandang induk pembibitan, namun jenis kandang ini Anda bisa menambahkan sedikit kepadatan puyuh di dalam satu kandang.

Persiapan Bibit Puyuh

Setelah kandang siap digunakan, langkah selanjutnya adalah persiapan pengisi kandang, yaitu burung puyuh itu sendiri. Perlu kita ketahui, ada tiga jenis bibit dengan tujuan pemeliharaannya, antara lain sebagai berikut :

  1. Bibit puyuh untuk telur konsumsi


    Jenis bibit yang pertama adalah memproduksi telur yang bisa dijual, pilihlah jantan dan betina yang sehat serta nggak memiliki riwayat penyakit agar produksinya bisa optimal.

  2. Bibit puyuh untuk produksi daging

    bibit puyuh pedaging
    Ini adalah jenis puyuh yang bisa kita jual puyuhnya, tujuan kita adalah untuk memproduksi dagingnya, sebaiknya pilih bibit puyuh jantan dan jenis puyuh petelur afkiran

Perawatan Puyuh

Setelah kita selesai dengan kandang dan bibit, langkah selanjutnya adalah tindakan perawatan agar ternak puyuh yang kita lakukan bisa optimal. Berikut ini tindakan perawatan yang sebaiknya kita lakukan:

  1. Jaga Kebersihan Kandang

    pembersihan kandang
    Pertama yang harus kita rawat adalah membersihkan kandang secara rutin. Membersihkan kandang secara rutin bisa mencegah timbulnya penyakit dan sebaiknya lakukan vaksinasi pada periode waktu tertentu

  2. Pengontrolan Penyakit

    pengontrolan penyakit puyuh
    Perawatan puyuh yang selanjutnya adalah dengan mengendalikan penyakit. Kita perlu melakukan kontrol terhadap puyuh secara berkala supaya terhindar dari penyakit atau meminimalisir penyakit menjangkiti yang lainnya. Segera lakukan pengobatan pada puyuh yang sakit sesuai dengan anjuran dinas peternakan atau penyuluh setempat.

Pakan Puyuh

pakan puyuh

Perawatan selanjutnya adalah dalam bentuk pemberian pakan, berupa pelet atau remah-remah serta bentuk tepung, sebaiknya anak puyuh diberikan pakan 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Sedangkan untuk puyuh dewasa dan remaja berikan satu kali sehari saja yaitu di waktu pagi hari. Pemberian minum anak puyuh bisa dilakukan sepanjang hari.

Pemanenan

panen puyuh

Langkah selanjutnya adalah yang dinanti-nantikan oleh pembudidaya, yaitu proses pemanenan. Untuk memanen telur puyuh sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum anda memberi makanan (kurang lebih pukul 06.00). Telur-telur hasil pemanenan hendaknya ditempatkan di suatu tempat. Telur yang retak dipisahkan dari telur yang utuh. Itu hal yang baik pula kalau Anda bisa memisahkan telur menurut ukurannya sehingga Anda mempunyai tingkatan ukuran telur dan tentunya harganya juga bisa Anda bedakan.

Untuk pemanenan daging puyuh sudah bisa dilakukan di usia 30 hari saja, tentu saja jika bobot puyuh sudah mencukupi kriteria permintaan. Untuk harganya sendiri biasanya antara 1000/ekor sampai 3000/ekor puyuh.

Bagaimana? Menggiurkan sekali kan keuntungan beternak burung puyuh petelur? Tentu saja ternak puyuh itu sangat menguntungkan dan prospeknya ke depan sangat menjanjikan. Demikianlah panduan cara beternak burung puyuh agar cepat bertelur dan tips beternak burung puyuh bagi pemula. Semoga bisa menjadi panduan untuk anda yang baru atau akan merintis bisnis peternakan.

Last Updated on

Leave a Comment