ternak entok

3+ Langkah Mudah Cara Beternak Entok

Ada beberapa cara ternak Entok cepat panen seperti:

Mempersiapkan kandang, membuat kandang, memberi paka, memberi vaksin dan vitamin dan penanganan penyakit.

Tetapi ada banyak yang harus dijelaskan disitu dan tidak semua peternak entok mengerti dan paham semua tata cara ternak entok dari nol.

Untuk menghindari kerugian dan gagal beternak di awal menjadi peternak adalah dengan memperbanyak wawasan tentang beternak, mulai dari buku, artikel hingga video bisa menjadi alat belajar kamu.

Untuk itu kamu jangan khawatir karena semuanya akan dijelaskan di halaman ini. Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara ternak entok ataupun omset ternak entok, kita perlu terlebih dahulu memahami tentang unggas tersebut.

Apa Itu Entok?

Entok

Entok adalah burung atau unggas yang termasuk keluarga bebek yang dipelihara untuk diambil daging dan telurnya.

Entok juga memiliki nama sebutan lain yaitu mentok di beberapa daerah termasuk di jawa. Hewan yang satu ini merupakan spesies unggas yang pemasarannya cukup populer diseluruh wilayah indonesia.

Di kampung, entok sering diternak entah untuk peliharaan atau sengaja untuk menjadi potensi tersendiri. Sebagian orang memanfaatkan ternak entok ini untuk mengisi waktu luang.

Akan tetapi, mengingat kembali akan kebutuhan hidup semakin besar, beberapa diantaranya memanfaatkan ternak entok sebagai peluang bisnis. Pada dasarnya entok menghasilkan uang cukup besar karena lalkulasi laba ternak entok dan prospek sangat baik dipasarkan secara pedaging atau petelur.

Disisi lain, telurnya juga kaya akan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Inilah alasan mengapa anda harus mencoba untuk beternak ternak entok yang dimana bisa untuk dijual kembali maupun dikonsumsi sendiri.

Entok vs Bebek

entok vs bebek

Bagi masyarakat Indonesia mengkonsumsi daging adalah hal yang wajib dilakukan untuk menambah protein dan nutrisi dalam tubuh, selain mengkonsumsi daging ayam dan bebek, sebenarnya ada daging  yang mempunyai cita rasa yang mirip dengan bebek namun dengan lemak jenuh yang lebih rendah yaitu daging entok.

Meskipun tidak sepopuler daging ayam dan unggas populer lainnya, entok mempunyai daging dan protein lebih banyak dan rendah lemak, cocok untuk dijadikan sebagai santanpan daging saat diet.

Penjual daging entok sangatlah masih sedikit, ini berbanding terbalik dengan peminat daging entok tiap daerah yang semakin meningkat setiap bulannya.

Ini adalah kesempatan untuk peternak indonesia menggalakan beternak entok dan perbanyak stok DOE atau bibit entok.

Harga Entok

Harga entok hari ini cukup naik daripada harga entok 2019, ini bisa menjadi kesempatan bagi para peternak untuk terus meningkatkan produksi daging entok dan memperbanyak omset ternak entok.

Berikut kami rangkum harga entok dengan berbagai banyak varian. Satu hal yang peru dipahami bahwa harga entok tersebut bisa berubah seiring meningkatnya pasar dan bisa berbeda – beda di tiap wilayah.

Nama Harga 
DOE Entok 1 Ekor Rp. 15.000
DOE Entok 1 Box (80 Ekor + 1 Cadangan) Rp. 1.200.000

Catatan :

  • Harga fleksibel di tiap daerah

Kupas Tuntas Cara Budidaya Entok Modern

Hal yang wajib diketahui selain ternak entok yang baik dan benar adalah bagaimana Tips untuk ternak entok yang menguntungkan serta ternak entok yang sukses menghasilkan omzet sesuai rencana

Berikut merupakan langkah – langkah cara beternak entok untuk pemula.

Persiapan Kandang Ternak Entok

kandang entok

Salah satu langkah sebelum memulai ternak entok adalah dengan menentukan lokasinya. Apakah tempat anda sudah cukup layak untuk beternak entok atau belum.

Lokasi ini nantinya diperlukan untuk lahan pembuatan kandang. Tanpa ada lokasi yang pas dan strategis, tentu saja bisa sulit untuk merealisasikan keinginan anda tersebut.

Biasanya lokasi yang digunakan terletak di pekarangan rumah seperti di belakang rumah.

Berikut merupakan cara untuk mempersiapkan kandang entok.

  • Seharusnya tempat kandang berjauhan dengan rumah, atau minimal memiliki jarak 15 meter. Ini untuk hindari berbau yang tidak enak menebar di dalam rumah serta lingkungan anda.
  • Untuk ukuran kandang seharusnya sesuai dengan jumlahnya entok yang akan dibudidayakan. Makin banyak entok yang dibudidayakan tentunya memerlukan kandang yang makin luas.
  • Kandang harus mempunyai dinding yang tinggi supaya entok tidak bebas keluar masuk atau kabur dari kandang. Bila luas kandang 10 meter. persegi karena itu bikinlah 5 meter.
  • Untuk naugan serta tempat pemberian makan, sedang yang 5 meter. dibuatkan pemisah serta diberi genangan air. Genangan ini adalah tempat entok untuk bermain serta berjemur.
  • Anda dapat memakai bambu untuk bahan dinding atau pagar kandang serta asbes untuk bahan atap kandang. Cocokkan luas kandang dengan jumlahnya populasi entok.
  • Buat aliran air atau drainase supaya air bisa mengalir lancar serta tidak memunculkan berbau yangvtosak enak. Siapkan tempat minum dan makan di kandang.

Pembuatan Kandang

Setelah anda menentukan lokasi, berikutnya adalah mulai melakukan pembuatan kandang. Dalam langkah ini anda juga nggak bisa sembarangan, ada beberapa cara dalam pembuatan kandang entok.

Salah satunya adalah alat dan media yang dipakai. Sebaiknya gunakan bambu yang sudah umur tua dan keadaan nggak basah supaya lebih awet.

Jika ingin lebih awet lagi, anda bisa menggunakan kandang yang terbuat dari kawat. Akan tetapi lambat laun kawat bisa mengalami pengkaratan.

Berikut merupakan langkah – langkah dalam membuat kandang entok.

  • Pagar Kandang

pagar kandang

Pagar kandang kita bikin dari bambu, kayu atau tembok, usahakan kandang mempunyai ruang yang tidak terlalau terserang angin, jika dari bambu berilah plastik, untuk hindari cuaca yang benar-benar dingin menimpa langsung ke badan entok, kurangi risiko entok terserang penyakit

  • Lantai Kandang

lantai kandang

Lantai kandang dapat kita bikin dari cor plester semen atau tanah, jika dari semen buatlah lantai dengan miring agar air kotoran tidak menggenang hingga sedikit lalat yang bergabung.

  • Buat Kandang Spesial Untuk Anakan kandang ternak entok anakan

kandang anak entok

Kandang Ternak Entok Spesial Anakan Kandang untuk anakan ini harus kita bikin spesial untuk menghidari hewan pemangsa. Kita perlu tahu badan anakan entok sangat ringkih serta pergerakannya tidak lincah hingga dapat jadi makanan empuk beberapa pemangsa. Desainlah kandang panggung dari bambu tidak jadi masalah dengan jarak dinding bambu yang cukup rapat agar tikus tidak dapat masuk. Berikan pintu dengan kunci. Upayakan untuk anakan entok kita umbar janganlah sampai lebih dari jam 17. 00, sebab diwaktu itu tikus werok banyak berkeliaran.

  • Lihat Kandang Anda Dengan Pemukiman

lokasi kandang dan pemukiman

Kita tahu jika kandang entok tetap becek serta kotor hingga berbau yang diakibatkan tidak enak, jika rumah anda terdapat di tepian kampung silakan buat kandang entok sesenang hati, serta peliharalah sebanyaknya. Tetapi buat anda yang menetap ditengah-tengah kampung, batasilah jumlahnya serta ukuran kandang entok.

  • Pisahlah Kandang Entok Dengan Unggas Tipe Lain

kandang bambu

Arah dari pemisahan kandang entok dengan unggas lain seperti ayam, bebek dan lainnya adalah untuk mempermudah kita dalam memantau jumlahnya pakan yang kita berikan. Pabila kita campur contohnya dengan ayam karena itu pakan entok akan selekasnya dihabiskan. Ini akan memunculkan tidak fokus dalam mengurusi kandang.

  • Buat Kandang Yang Diperlengkapi Fasilitas Kolam Untuk Berkubang

kubangan kolam entok

Entok benar-benar suka saat ada air, dengan kita berikan kolam entok bisa minum atau mandi serta berjemur dipinggiran. Peranan dari kolam ini saat cuaca benar-benar panas entok dapat mengeset suhu tubuhnya dengan berandam.

Pemilihan Bibit

bibit entok

Pemilihan bibit memang sangat penting dalam beternak entok pastikan jenis entok unggul. Sebelum kandang telah selesai dibuat, anda nggak bisa terlebih dahulu membeli bibitnya. Pembelian bibit bisa di lakukan setelah anda benar-benar selesai menentukan tempat untuk entok nantinya. Dengan melihat luas kandang atau tempat yang anda miliki, lalu tentukan kapasitas entok.

Jangan sampai entok yang anda beli bisa melebihi ukuran kandang. Satu hal yang sangat penting, anda juga harus pandai dalam memilih bibit unggul berkualitas. Tentukan mana entok dengan kondisi yang sehat dan kenali ciri-cirinya.

Pemberian Pakan

pakan entok

Pakan adalah asupan pokok yang harus dikonsumsi semua makhluk hidup, termasuk entok juga. Beternak entok anda harus menyiapkan segala sesuatunya termasuk pakan. Berikan pakan kesukaannya seperti ikan rucah, menir, eceng gondok, bekatul, dedak, keong, ampas tahu, nasi aking, atau lainnya minimal sehari dua kali.

Berikut merupakan contoh pakan entok murah :

  • CP 144

Memberikan Nutrisi dan Vitamin

vitamin entok

Bukan hanya makanan pokok yang harus selalu ada, tetapi anda juga harus memberikan gizi yang seimbang bagi perkembangan entok supaya cepat panen. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang bisa didapatkan dari tepung ikan, jagung kuning, dedak/katul, nasi aking, ampas tahu, minyak ikan, roti bs/sisa, tepung daun, susu.

Memperhatikan Porsi Pakan

pemberian pakan entok

Ternak entok yang baik supaya cepat panen adalah dengan memperhatikan pakan yang diberikan untuk setiap usia. Pasalnya nggak semua usia entok bisa menerima pakan yang anda berikan.

Menjaga Kebersihan

menjaga kebersihan ternak entok

Kebersihan adalah hal terpenting dalam beternak apa saja. Perhatikan betul kondisi lingkungan entok, usahakan selalu bersih dan terhindar dari kotoran menumpuk.

Meski pada dasarnya entok adalah hewan yang sering buang kotoran sembarangan, bukan menjadi alasan bagi anda untuk malas-malasan membersihkan kandang. Minimal bersihkan satu kali dalam sehari menjelang petang, disaat entok mulai kembali ke kandang untuk beristirahat. Dengan kondisi bersih, kesehatan entok terjaga dan nggak rentan sakit.

Menyediakan Air Bersih

menyediakan air bersih untuk ternak

Sediakan air bersih untuk minum sang entok. Pastikan wadahnya higienis dan selalu tercuci meskipun nantinya mudah kotor. Air sangat bagus untuk perkembangan entok dibandingkan dengan pemberian minuman lain, meskipun mineral seperti susu juga banyak kandungan gizi.

Rutin Memandikan Entok

memandikan entok

Jangan merasa enggan untuk membersihkan diri entok. Salah satu yang membuat unggas terserang penyakit adalah bakteri atau virus yang melekat di tubuhnya. Kalau hal itu terjadi maka masa hidup entok tergantung di kesembuhan penyakitnya. Tentu saja hal ini mengganggu perkembangan dan merugikan untuk budidaya anda.

Melakukan Vaksinasi Entok

vaksinasi entok

Entok memerlukan metode vaksinasi untuk tetap tumbuh sehat. Dengan langkah pemberian vaksinasi ini, Anda sudah memperhatikan tingkat kesehatan di entok dan meri. Tujuan pemberian vaksin yakni untuk kekebalan sang entok dan anaknya yang disebut meri. Vaksinasi sangat baik untuk kesehatannya, sehingga nggak perlu takut akan serangan virus atau bakteri.

Memperhatikan Kapasitas Kandang

kapasitas kandang entok

Memperhatikan kapasitas merupakan mengalokasikan entok-entok di dalam jumlah tertentu di satu kandang. Jangan terlalu banyak menempatkan entok di satu kandang saja, karena semua itu akan membuat entok merasa sesak dan nggak nyaman. Selain itu, entok juga mudah mengalami stres. Sebagai seorang yang sedang menjalankan ternak tersebut anda tentu nggak ingin melihat unggas anda seperti itu dan akhirnya nafsu makan berkurang.

Perawatan Entok

Langkah perawatan ini dilakukan dengan memberikan konsentrat starter. Hanya saja pemberian ini untuk entok usia 1 sampai dengan 2 minggu dan memastikan bahwa umur entok siap panen. Anda juga bisa mencampurkan konsentrat di air minum entok. Disamping ini perlu dilakukan juga pemeriksaan ekor-ekor sehat. Apabila ditemui ekor yang nggak sehat segera ambil dan pisahkan dari yang lain.

Pemberian Suntik Penisilin Pada Entok

Suntik penisilin di lakukan untuk menghindarkan entok terhadap penyakit kolera. Karena penyakit ini sangat serius, menular dan mematikan.

Demikian informasi serta tips untuk memulai bisnis ternak entok. Semoga bermanfaat sebagai penambah wawasan dunia peternak entok dan dapat membantu Anda para peternak pemula. Untuk Anda yang masih baru meritnis, Anda bsia memulai dengan mengembangkan ternak entok kecil kecilan kemudian beternak entok secara intensif untuk mewujudkan bisnis ternak entok skala besar. Memang keuntungan dari bisnis ini bisa dibilang cukup besar. Sehingga itu berarti bahwa jika kurang hati-hati dalam menjalankan bisnis ini maka akan menerima kerugian yang besar pula. Perbanyak wawasan dengan cara banyak berbincang dengan peternak yang sudah berpengalaman atau menggali informasi sedalam-dalamnya mengenai dunia peternakan. Setelah beternak entok, mungkin Anda akan lebih mudah untuk merintis bisnis di bidang peternakan yang lain.

Last Updated on

Leave a Comment