[Update] Harga Ayam Arab Petelur Terbaru

Harga ayam arab atau yang akrab disebut sebagai ayam petelur terbilang variatif tergantung dari umurnya. Keunggulan dari beternak ayam yang satu ini dapat dilihat dari banyaknya hasil yang bisa diproduksi oleh satu ekor betinanya. Setiap tahun peternak bisa mendapatkan 25.000 telur dari 100 ekor betina. 

Berat normal telur yang dihasilkan antara 40 – 50 gram. Bila dibandingkan secara sekilas telur ayam arab, tidak jauh berbeda dari ciri fisik telur ayam kampung. Hanya saja ras ini jauh lebih cepat bertelur ketimbang ras lain. Fakta itu pula yang membuat harga ayam arab terbilang tinggi. 

Setelah memasuki masa produktif bertelur, maka ayam akan terus menghasilkan hingga setidaknya 18 bulan. Selain bisa dimanfaatkan telurnya, jantannya pun bisa dijual dagingnya ke pasaran. Meskipun dagingnya tidak setebal ayam kampun ataupun ayam jawa super.

Harga DOC Ayam Arab

Umur Harga per Box
DOC Rp. 600.000

Harga Pullet Ayam Arab

Umur Harga per Ekor
10 Minggu Rp. 56.000
11 Minggu Rp. 61.600
12 Minggu Rp. 67.200
13 Minggu Rp. 72.800
14 Minggu Rp. 78.400
15 Minggu Rp. 84.000
16 Minggu Rp. 89.600

Harga Ayam Arab Berdasarkan Umurnya

Mengetahui kisaran harga ayam arab berdasarkan umurnya, bisa membantu siapapun yang sedang tertarik untuk menjalankan usaha ini. Asal dari ayam arab sebenarnya dari Negara Belgia, nama aslinya Brakel Klier-Silver. Nama dan perkembangan usaha ternak yang satu ini secara perlahan mulai terdengar gaungnya. Para peternak menaruh perhatian terhadaprofit yang bisa dihasilkan.

Di Indonesia sendiri yang lebih mendominasi pasar adalah penggunaan telur ayam petelur horn. Padahal kualitas rasa dan kandungan protein ayam arab tidak kalah juara. Jika ditelisik berdasarkan kemampuan memproduksi telur, ayam arab dan petelur memiliki kemampuan yang setara. Karena bentuknya yang indah, tidak sedikit orang justru menjadikan ayam tersebut sebagai peliharaan.

Ciri fisik jantannya memiliki tinggi sekitar 30 – 35 cm dengan bobot bisa mencapai 2 kg. Memiliki kontur bulu yang jauh lebih tebal, didominasi warna putih dan hitam keabu-abuan.  Sementara betinanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil sekitar 20 – 25 cm, dengan berat mencapai 1.5 kg. 

Umur 8 bulan hingga 18 bulan adalah masa emas bagi indukan untuk memproduksi telur. Meski begitu sejak umur 4 bulan ayam sudah mulai menghasilkan telur pertamanya. Sebaiknya ayam segera di regenerasi sebelum mengalami rontok bulu. Karena bisa mengurangi harga ayam arab itu sendiri. Sebaiknya dijual untuk dipergunakan dagingnya, setelah masa 8 bulan berlalu. Di pasaran per ekornya bisa dibanderol antara 50.000 hingga 70.000 per ekornya. 

Harga ayam arab DOC per ekornya sekitar harga 6.500, bahkan disebagian tempat bisa mencapai 9.000 per ekornya. Harga jual tersebut jelas tidak mengikat, karena bisa saja mengalami perubahan tanpa memberikan pemberitahuan. Karenanya anda harus memeriksa secara berkala update harga jual sesuai wilayah tinggal.

Budidaya dengan Harga Ayam Arab Sebanding Keuntungannya

Setelah membicarakan nilai komersil dari ayam arab, maka informasi akan dilanjutkan pada proses budidayanya. Meski tergolong baru, sudah banyak peternak lokal yang mengambil keputusan membudidayakan brakel. 

Hal pertama yang diperlukan sudah pasti adalah kandang. Berbeda dengan jawa super yang hanya membutuhkan 2 buah kandang. Ayam arab membutuhkan 3 jenis kandang, yaitu kandang indukan, kanang litter dan kandang dengan baterai. 

Peternak bisa membuatnya sendiri, namun dapat juga membeli ukuran yang sudah jadi. Panjang dan lebar kandang sendiri harus disesuaikan dengan jumlah populasi ternak yang dimiliki. Usahakan untuk tidak terlalu sesak ataupun lowong.

Setelahnya melakukan penyediaan pakan untuk ternak. Tidak semua pakan bisa membantu pertumbuhan ayam arab secara maksimal. Informasi akurat bisa didapatkan melalui komunitas pelaku bisnis yang sama. Unggas akan diberikan kombinasi konsentrat daging, dengan bekatul, serta jagung bubuk. Tidak ketinggalan juga vitamin yang bisa dicampurkan pada minumannya.

Harga ayam arab sangat ditentukan dari kualitas dan perkembangannya. Jika ayam lincah dan tidak memiliki cacat pada tubuh ataupun ciri-ciri sedang sakit. Sudah pasti orang mau membeli dengan harga yang bagus. 

Anda harus mempersiapkan anggaran untuk membeli mesin tetas telur. Pasalnya indukan betina ayam arab, tidak mempunyai naluri untuk mengerami telurnya. Hampir setiap hari indukan mampu berproduksi secara aktif. Umur 6 –  8 bulan merupakan periode emas untuk betina. Sebaiknya pada masa ini regenerasi ayam sudah dipersiapkan.

Meskipun memiliki daya tahan terhadap penyakit yang tergolong tinggi. Pemberian vaksin anti tetelo harus disuntikkan. Perhatikan tingkah ternak, segar pisahkan jika ayam tidak mau bergerak alias lesu dan hilang nafsu makan.

Keunggulan Penunjang Harga Ayam Arab

ayam arab petelur

Pemula wajib mengetahui berbagai keunggulan yang dimiliki ayam arab. Sehingga lebih mudah menentukan standar harga ayam arab. Kelebihan yang dominan dari ras satu ini adalah cepat dalam mereproduksi telur. Karena hampir setiap hari bertelur, dalam satu tahun ada 250 butir yang bisa dijual oleh peternak dari 1 ekor. 

Selain itu jika dibandingkan ternak unggas yang membutuhkan antara 10 hingga 40 kg pakan. Ternak ayam arab, hanya membutuhkan kurang dari setengahnya untuk 100 ekor ternak. Kualits telur yang dihasilkan memiliki kesamaan bentuk dengan elur kampung. Hanya saja kandungan omega 3 lebih banyak, kuningnya lebih besar dan kenyal.

Sekalipun dikonsumsi secara rutin tidak akan menyebabkan kolesterol, sebab kandungan lemak jenuhnya sangatlah rendah. Bagi mereka yang kekurangan zat besi, bisa memanfaatkan telur ayam arab. 

Kandungan kalsium pada telur juga tidak mengakibatkan alergi, serta mengurangi resiko jantung koroner. Jika dikonsumsi anak-anak membantu pertumbuhan tulang dan otak mereka. Tidak sedikit juga tempat jamu tradisional yang mencampurkan telurnya ke dalam seduhan. Karena diyakini bagus menjaga imunitas tubuh.

Perhitungan Kebutuhan Pakan Ayam Arab

pakan ayam arab

Bagi para peternak yang enggan direpotkan mengurusi keperluan pakan, kandang dan vaksin. Maka bisa mencoba menjual bibitnya, karena harga ayam arab umur satu hari terbilang cukup tinggi. Terlebih dalam satu pengiriman menerima pesanan minimal 100 ekor per boxnya.

Hanya saja harga ayam arab untuk bibit pun memiliki kriteria tertentu, yang bisa mempengaruhi pasarannya.  Seperti ayam harus menetas tepat waktu, bertubuh proposional, tidak memiliki cacat pada tubuhnya, berat antara 40 -55 gram, tubuh tertutu bulu sempurna, tidak ditemukan cairan pada lubang hidung ataupun anusnya.

Biasanya peternak merasa enggan memelihara ayam hingga besar, lantaran ingin menghemat anggaran dari pakan. Jika dilakukan penjumlahan, harga ayam arab beserta biaya perawatannya. Masih besar menghasilkan profit melebihi modal yang dikeluarkan.

Kombinasi pakan ayam arab tidak jauh berbeda dengan ayam pada umumnya, yaitu konsentrat, bekatul, dan jagung. Hanya saja pada umur 0 – 30 hari ayam masih harus diberikan kombinasi untuk pakan starter. Barulah ukuran pakan bisa berubah saat ayam memasuki umur 30 – 70 hari, dengan ukuran pakan pemeliharaan.

Umur 2 bulan ke atas maka ayam akan difokuskan untuk menerima kombinasi pakan pengembangan. Terdiri dari 30% konsentrat, 40% bekatul, 20% jagung, 10% sayur. Pastikan kandungan protein, kabohidrat, mineral, vitamin, kalsium dan zat besinya tercukupi. Tidak perlu memberi pakan sampingan, cukup berikan pakan kombinasi tersebut secara seimbang.

Jual Doc Ayam Arab dan Pullet Ayam Arab

Kami CV. Nitnot jual doc ayam ayab dan pullet ayam arab siap bertelur berkualitas yang sudah banyak dipercaya para peternak di seluruh Indonesia. Bibit doc ayam arab kami berasal dari indukan yang berkualitas, yang memiliki track record bertelur yang sangat stabil, dengan hasil telur yang dihasilkan cukup baik, sehingga anak ayam arab kami juga akan meniru indukannya.

Kami dapat mengirim anak ayam arab sampai lokasi anda, dan pembayaran dapat dilakukan pada saat anak ayam arab sudah tiba di tempat anda. Kami memiliki tim driver yang sudah berpengalaman bertahun tahun dalam mengirim anak arab ke suluruh Indonesia, jadi dapat dipastikan anak ayam arab akan aman hingga tiba di tempat anda.

Jikalau nanti ada yang mati, akan kami ganti langsung dengan uang, sehingga dapat dipastikan anda akan sangat aman dan tidak merugi bila bertransaksi dengan kami. Untuk pemesanannya anda dapat menghubungi kami melalui nomor yang sudah tersedia ataupun melalui tombol telepon yang berada di bawah layar ponsel anda.

Bagaimana? Tidak sulit bukan menjalankan bisnis ayam arab? Selamat mencoba.

 

Leave a Comment