Harga Ayam Arab Murah Dan Ekonomis

Harga Ayam Arab Murah dan Ekonomis

Beternak ayam merupakan suatu hal yang biasa di Indonesia. Sebagai peternak ayam, tentunya sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis ayam yang dapat dibudidayakan. Namun, sayangnya informasi tersebut tidak selalu tersedia secara umum. Sehingga beberapa pemula yang ingin beternak Ayam Arab mengalami kesulitan untuk mengetahui informasi tentang hal tersebut. Jika tertarik untuk mengembangkan bisnis ternak ayam, maka sebaiknya hubungi CV. Nitnot yang terletak di Blitar, Jatim. Tentunya kami akan siap membantu memberikan informasi beserta pasokan sejumlah bibit Ayam Arab unggulan dengan harga yang lebih ekonomis.

Tentang Ayam Arab

Salah satu jenis ayam yang banyak diternakkan di Indonesia yaitu Ayam Arab. Ayam Arab sebenarnya merupakan salah satu jenis ayam lokal yang berasal dari Eropa. Lebih tepatnya Ayam Arab ini merupakan satu keturunan dengan ayam jenis Braekel, ayam petelur yang juga dikenal dengan nama Gallus turcicus. Ayam Arab ini pada dasarnya memiliki sifat yang cukup aktif, selain itu Ayam Arab juga gesit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga memelihara ayam jenis ini lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya perawatan.

Di Indonesia, ada dua jenis Ayam Arab yang cukup terkenal di kalangan para peternak. Jenis yang pertama yaitu Ayam Arab Silver, dimana jenis yang satu ini merupakan persilangan antara ayam petelur betina lokal dengan ayam jantan silver Braekel. Sedangkan jenis satu lagi yaitu Ayam Arab Merah Golden Red. Ayam Arab Merah ini didapatkan dari persilangan antara Ayam Arab jantan berwarna silver dengan ayam ras petelur betina yang berwarna merah. Jika belum paham benar tentang ayam jenis ini, maka ciri-ciri yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Warna bulu ayam putih mengkilap dan mencapai hingga sepanjang leher.
  • Bulu yang terdapat di punggung berwarna putih serta berbintik hitam.
  • Area sayap memiliki bulu hitam dengan garis berwarna putih.
  • Pada bagian ekor warna bulu hitam dan bercampur putih.
  • Jengger ayam seperti pada umumnya berwarna merah.
  • Mata ayam berwarna hitam dengan lingkaran warna kuning.
  • Berat badan bisa mencapai 1,8 kilogram dan tinggi hingga mencapi kurang lebih 30 sentimeter.

Ayam Arab sangat disukai sebagai salah satu ternak ayam petelur yang unggul karena kualitas telurnya yang cukup baik. Padahal jika diketahui sejarahnya, Ayam Arab asli hanya menghasilkan telur yang baik sebesar 50% saja. Sedangkan Ayam Arab persilangan yang ada di Indonesia kualitas telurnya hingga mencapai 70%. Hal ini juga yang memicu harga Ayam Arab cukup tinggi di pasaran. Termasuk harga anak Ayam Arab jantan yang dijual umumnya memiliki nilai yang cukup menguntungkan.

Keuntungan Memelihara Ayam Arab

Beternak ayam memang sesuatu yang dapat menjadi sebuah hobi sekaligus merupakan sesuatu yang menguntungkan. Tentunya sebagai pemula ada banyak pertanyaan akan apa saja keuntungan memelihara Ayam Arab. Terutama jika memilih ayam petelur yang satu ini sebagai usaha ternak yang utama. Apabila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, berikut ini beberapa keuntungan jika memelihara Ayam Arab dalam beternak:

  1. Ayam Arab cukup mudah dalam pemeliharaan serta tidak membutuhkan biaya pemeliharaan yang tinggi. Oleh sebab itu ayam petelur ini merupakan salah satu jenis yang cukup populer di kalangan peternak ayam.
  2. Peternak lebih suka memelihara Ayam Arab terutama untuk produksi telur. Saat ini tercatat produktivitas Ayam Arab mencapai 70-80% dalam setahun jika dirawat secara intensif. Atau dengan kata lain bisa mencapai hingga 190-250 butir per tahun. Sehingga jika diperhitungkan secara bisnis akan sangat menguntungkan. Modal awal dari harga ayam arab siap telur dengan hasil produksi tahunan akan otomatis tertutup. Terutama harga telur saat ini sudah mencapai angka yang lumayan tinggi.
  3. Kualitas telur yang dihasilkan oleh Ayam Arab juga tidak mengecewakan. Pada umumnya telur yang dihasilkan oleh Ayam Arab memiliki berat hingga 42,3 gram. Sehingga otomatis menghasilkan telur yang lebih besar dibanding jenis ayam petelur lain.
  4. Telur Ayam Arab juga mengandung lemak yang lebih rendah sehingga telurnya cocok untuk dikonsumsi bagi beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu misalnya yaitu penderita kolesterol atau penyakit kardiovaskular. Jika kandungan lemak tidak tinggi tentu kandungan mineral lainnya terutama protein akan jauh lebih besar dibandingkan telur dari jenis ayam lainnya.
  5. Kuning telur Ayam Arab juga memiliki persentase yang lebih tinggi, yaitu sekitar 52% dari keseluruhan. Dengan kandungan kuning telur yang lebih tinggi, maka telur akan kaya akan manfaat serta nutrisi yang lebih melimpah. Terutama adanya kandungan Omega-3 yang baik untuk kecerdasan anak-anak. Itulah mengapa jenis telur yang dihasilkan Ayam Arab juga cukup digemari di pasaran. Sehingga permintaan telur terus meningkat dan harganya juga tidak mengecewakan.
  6. Masa produktivitas ayam jenis ini juga cukup panjang hingga masa afkirnya, yaitu rata-rata mencapai hingga dua tahun. Sehingga jika dimaksimalkan, maka dari satu ekor Ayam Arab akan memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat. Karena harga Ayam Arab indukan hanya sekitar 60 ribu Rupiah per ekor. Sedangkan jika dimaksimalkan dalam dua tahun mampu memproduksi hingga 500 butir telur atau sekitar 25 kilogram telur. Tentu bisa dilihat berapa keuntungan yang dihasilkan dari penjualan telur Ayam Arab tersebut. Ditambah lagi biaya perawatan yang sangat kecil tiap bulannya.

Cara Budidaya Ayam Arab

Untuk dapat memperoleh keuntungan yang tinggi dari beternak Ayam Arab, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya yaitu dengan memastikan cara budidaya yang tepat dan sesuai supaya Ayam Arab dapat tumbuh secara maksimal dan membawa keuntungan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam memelihara ayam serta cara budidaya yang benar.

  • Jenis Kandang Ayam
    Ada beberapa jenis kandang ayam yang dapat digunakan. Pastikan untuk memilih kandang yang sesuai dengan jumlah ayam yang akan diternakkan, serta pastikan bahwa dana yang tersedia juga mencukupi. Kandang yang biasa dipakai untuk ternak ayam petelur berupa kandang box indukan, kandang litter, dan kandang baterai.
    Box indukan umumnya dipakai untuk menempatkan DOC hingga berumur 23 hari. Box ini muat untuk sejumlah anak Ayam Arab dan memiliki suhu yang cukup hangat. Jumlah anak ayam tentunya tergantung pada beberapa hari mereka akan ditempatkan. Jika hanya tujuh hari mencapai 60 ekor sedangkan jika 23 hari maka hanya cukup untuk 20 ekor saja.
    Sedangkan kandang litter merupakan kandang selanjutnya yang dipakai memelihara ayam hingga berumur dua bulan. Umumnya kandang jenis ini muat untuk 200 ekor. Sedangkan kandang baterai digunakan untuk ayam petelur dengan satu petak muat untuk satu ekor ayam betina.
  • Pakan Ayam
    Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu pakan ayam. Selalu perhatikan kualitas dan kuantitas pakan ayam yang diberikan pada Ayam Arab. Supaya kualitas ternakan cukup bagus serta sehat tidak mudah terserang penyakit. Karena dengan kualitas pakan yang baik ini, nantinya kualitas telur yang dihasilkan secara otomatis juga akan mengikuti.
  • Pengendalian Penyakit
    Beternak Ayam Arab bukan berarti bebas dari resiko penyakit. Apalagi beberapa tahun lalu sangat santer isu wabah flu burung di kalangan ternak unggas. Oleh sebab itu cukup penting untuk mengetahui beragam penyakit yang dapat dialami oleh Ayam Arab. Terutama juga cara untuk mengendalikan hama penyakit supaya tidak terlalu meluas hingga kemana-mana. Oleh sebab itu perlu diketahui bahwa wabah yang umumnya menyerang yaitu wabah tetelo atau sampar pada ayam. Oleh karena itu sebaiknya lakukan vaksinasi pada Ayam Arab secara teratur dan bersihkan kandang dengan menggunakan desinfektan supaya resiko terserang penyakit mematikan ini dapat dihindari dan tidak berujung pada kerugian investasi bisnis peternakan anda.
  • Pengelolaan Reproduksi
    Dalam mengelola bisnis ternak Ayam Arab sangat penting untuk mampu mengelola reproduksi ayam yang diternakkan. Oleh sebab itu sebaiknya tentukan tujuan terlebih dahulu jika ingin beternak ayam. Apabila ternak dilakukan untuk menghasilkan indukan atau telur tetas, maka sebaiknya lakukan rasio 1:8 untuk rasio ayam jantan dan betina. Lain halnya jika ingin fokus pada ternak ayam untuk menghasilkan DOC. Bagi yang ingin menghasilkan DOC betina 80% maka sebaiknya kawinkan ayam di atas pukul 17.00. Jika ingin DOC betina sekitar 50% atau lebih rendah, maka dapat melakukan perkawinan pada pukul 11.00 – 13.00. Dengan pengaturan yang tepat maka akan didapatkan jumlah indukan serta DOC yang sesuai ekspetasi dan harapan.

Sedangkan jika memang berminat untuk membudidayakan Ayam Arab, maka berikut ini beberapa langkah yang tepat dalam beternak Ayam Arab petelur jenis ini:

  1. Lakukan terlebih dahulu analisa usaha untuk memulai bisnis ini. Sebaiknya akan lebih menguntungkan jika melakukan perhitungan bersama kami sehingga bisa didapatkan gambaran yang tepat tentang modal dan keuntungan budidaya Ayam Arab seperti yang diinginkan. Karena memang butuh analisa akurat terutama kapan dan bagaimana dapat meraih keuntungan seperti yang diinginkan. Oleh sebab itu langkah pertama ini cukup penting untuk menentukan besaran modal serta besaran usaha yang akan didirikan untuk ternak Ayam Arab tersebut.
  2. Mulailah dengan memilih indukan Ayam Arab yang berkualitas. Karena jika memilih indukan yang tepat maka kualitas produksi telur Ayam Arab nantinya juga lebih maksimal. Indukan Ayam Arab di tempat kami sudah pasti terjamin dan berkualitas, sehingga tidak akan merugi di kemudian hari dan justru akan memperoleh banyak keuntungan. Karena itu tidak perlu ragu saat hendak berternak Ayam Arab.
  3. Selanjutnya jangan lupa untuk memilih pakan ternak yang nutriennya memenuhi kebutuhan produksi Ayam Arab. Pahami pula cara pemberian pakan yang tepat pada ayam. Biasanya dalam sehari Ayam Arab perlu untuk diberi pakan sebanyak dua kali yaitu di pagi hari serta di siang hari. Umumya jumlah dari pakan yang diberikan yaitu sekitar 80-90 gram. Dengan angka tersebut maka Ayam Arab dapat tumbuh dengan subur dan sehat. Apabila dalam memilih pakan sudah benar, biasanya akan terlihat dari kualitas telur yang dihasilkan. Apabila cangkang telurnya cukup baik serta tebal dan keras, maka berarti pakan yang diberikan juga sudah cukup baik dan berkualitas.
  4. Kemudian posisikan kandang ayam dengan tepat. Hal ini juga penting untuk memastikan kesehatan ayam. Sebaiknya posisikan menghadap ke barat dan timur atau arah matahari supaya ayam lebih sehat dalam bertumbuh dan lebih kuat. Jangan lupa juga untuk selalu rajin membersihkan kandang secara berkala dan berikan disinfektan sebagai pencegah penyakit.
  5. Perhatikan jumlah produksi yang dihasilkan dalam sebulan. Apabila jumlah telur sedikit atau tidak mencapai persentase yang direncanakan bisa jadi usaha yang dilakukan mengalami kerugian. Namun apabila jumlah telur banyak dan sesuai perkiraan, berarti usaha yang dijalankan akan berhasil. Jika memang jumlah telur sedikit, sebaiknya evaluasi kembali apa yang menjadi penyebabnya, apakah jenis pakan, lokasi ternak dan hal lain yang mungkin mempengaruhi.
  6. Perhatikan pula waktu kawin ayam yang dipelihara. Karena biasanya dalam 15 menit maka ayam akan kawin sebanyak tiga kali. Dari jumlah tersebut serta waktu yang ditentukan supaya ayam dapat kawin, maka dapat diatur jumlah produksi telur ayam yang diharapkan. Oleh sebab itu sebaiknya pastikan untuk melakukan waktu perkawinan ayam yang tepat.
  7. Tidak lupa pula dapatkan informasi tentang jenis vaksin yang diperlukan rutin untuk Ayam Arab yang diternakkan. Umumnya secara garis besar ada vaksin untuk virus dan vaksin untuk non-virus.
  8. Perhatikan juga kenyamanan yang diperoleh ayam di dalam kandangnya. Apakah ada hewan pemangsa yang mengincar ayam atau tidak. Karena rasa takut akan hewan pemangsa tentu dapat membuat ayam petelur menjadi stres. Apabila demikian maka kualitas telur tentu akan menurun dan tidak lagi maksimal. Karena itu sangat perlu memperhatikan lingkungan sekitar lokasi ternak.

Harga Ayam Arab

Apabila hendak beternak Ayam Arab, salah satu yang harus dipersiapkan lebih dahulu tentunya modal untuk dapat memulai usaha peternakan. Jika mengalami kesulitan akan hal ini, sebaiknya segera hubungi CV. Nitnot di nomor telepon 082136783880 agar mendapat estimasi atau kisaran biaya untuk keseluruhan modal usaha. Karena tentunya kami akan membantu mempersiapkan dengan detail, kisaran modal untuk memulai usaha ternak ayam sekaligus bagaimana cara mengelolanya di kemudian hari.

Berikut kisaran harga Ayam Arab petelur yang kami sediakan:

  • Harga DOC Ayam Arab petelur Rp620.000/box (per box berisi 100 ekor). Ongkos kirim tergantung jarak tujuan pengiriman. Tujuan wilayah kota sebesar Rp120.000/pengiriman (Per pengiriman bisa muat sampai 10 box).
  • Sedangkan harga Ayam Arab siap telur sekitar:
    a. Umur 2 bulan Rp37.000/ekor
    b. Umur 3 bulan Rp 52.000/ekor
    c. Umur 4 bulan Rp69.000/ekor
    d. Umur 5 bulan Rp86.000/ekor

Harga Ayam Arab jantan dan harga Ayam Arab petelur tentu akan memiliki sedikit perbedaan. Oleh sebab itu sangat penting untuk terlebih dahulu menentukan rasio ayam yang akan dibeli untuk nantinya diternakkan. Bila fokus untuk memperbanyak Ayam Arab jantan, maka saat ini harga Ayam Arab jantan ada di kisaran harga 30 ribu untuk usia dua bulanan. Sedangkan harga Ayam Arab siap telur yang berada di usia produktif bisa dihargai hingga kisaran 60 ribu. Namun tidak perlu khawatir dengan kisaran harga tersebut karena di tempat kami akan kami tawarkan harga yang cukup menguntungkan dan lebih murah dari harga pasaran yang lainnya. Sehingga tentunya memesan di tempat kami jatuhnya akan lebih ekonomis.

Tidak hanya ayam yang produktif, ada kalanya Ayam Arab afkir juga dijual di pasaran. Karena itu apabila nanti Ayam Arab yang telah habis masa reproduksinya, ayam tersebut dapat berguna untuk dijual sebagai ayam pedaging. Umumnya beberapa tempat usaha makanan juga masih membutuhkan berbagai macam ayam pedaging. Sehingga harga Ayam Arab afkir di pasaran juga masih memadai dan tidak juga terlalu murah harganya. Hal yang paling umum saat ini, harga Ayam Arab afkir di pasaran terbagi menurut beberapa jenis. Untuk harga Ayam Arab afkir dewasa saat ini di pasaran dapat berkisar hingga sekitar 45 ribu Rupiah per ekor. Karena itu jika dibanding dengan harga DOC Ayam Arab yang bernilai kurang dari nominal tersebut, maka masih ada sedikit selisih keuntungan.

Kelebihan Bekerja Sama Dengan CV. Nitnot

Dalam beternak Ayam Arab, terutama bagi pemula tentunya membutuhkan banyak pengetahuan. Dalam hal ini, kami dapat membantu mengupayakan beragam hal yang dapat memaksimalkan bisnis ayam petelur anda. Oleh sebab itu sangat tepat jika mempercayakan usaha yang anda rintis bersama kami. Beberapa keuntungan bekerja sama dengan kami yang dapat kami jamin yaitu sebagai berikut:

  • Cara pemesanan yang mudah
    Anda cukup melakukan pemesanan jenis ayam yang dibutuhkan beserta rincian jumlahnya baik melalui telepon atau dengan mengisi form pre-order di website kami www.ayamjoper.id. Setelah itu tentunya kami akan segera memproses order yang diminta dengan segera. Tidak perlu khawatir akan lokasi karena dengan transportasi yang memadai kami sanggup mengirim ayam yang dibutuhkan hingga ke seluruh kota besar terutama di seluruh Pulau Jawa.
  • Pengiriman yang cepat
    Seperti yang telah kami janjikan di atas, pengiriman suplai Ayam Arab akan kami lakukan dalam waktu yang singkat dan tepat. Bahkan untuk pengiriman antar pulau kami juga memiliki kompetensi surat rekomendasi dari SKKH dan Dispet secara rutin. Sehingga tidak ada masalah jika melakukan pengiriman hingga ke luar pulau.
  • Harga sesuai kualitas
    Disini kami tawarkan harga DOC Ayam Arab dan harga Ayam Arab siap telur yang cukup ekonomis dan dijamin tidak mengecewakan. Oleh sebab itu jangan khawatir akan mendapatkan harga yang mahal serta modal awal yang tidak sesuai kemampuan. Diskusikan bersama kami perkiraan modal yang dimiliki, maka kami akan membantu suplai dan memberikan harga yang tak kalah bersaing dengan supplier lainnya.
  • DOC Ayam Arab berkualitas
    Seluruh DOC ayam Arab dari kami merupakan hasil dari indukan berkualitas. Sehingga tentu tidak perlu diragukan lagi. Keseluruhan cukup sehat dan kuat dalam jangka waktu yang maksimal. Ditunjang lagi dengan sistem seleksi yang ketat saat akan mengirimkan sejumlah Ayam Arab kepada pelanggan kami. Sehingga kami yakin nantinya hasil tidak akan mengecewakan.

Itulah sekilas informasi yang dapat kami berikan, mulai dari informasi tentang harga DOC Ayam Arab, keuntungannya, cara budidayanya, hingga harga Ayam Arab siap telur. Apabila memang sudah yakin akan memulai bisnis ternak Ayam Arab, maka sebaiknya segera hubungi kami dan diskusikan lebih lanjut keinginan anda. Apabila butuh informasi yang jelas, dapat juga mengunjungi website kami di www.ayamjoper.id. Pada website kami anda bisa didapatkan segala informasi tentang produk ayam yang kami sediakan serta beragam informasi menarik tentang beternak ayam petelur. Nah, tunggu apalagi, mantapkan keinginan beternak ayam saat ini juga dan kami tunggu anda untuk menghubungi kami.

Leave a Comment