doc / bibit ayam joper

Jual DOC atau Bibit Ayam Joper Tuban

Kami CV. Nitnot menjual doc ayam joper berkualitas di area Tuban dan sekitarnya. Kami bisa kirim doc ayam joper hingga lokasi, dan pembayaran dapat dilakukan di tempat. Kami memberi garansi bila mana saat tiba di tempat anda ternyata doc ayam joper ada yang mati, kami akan mengganti doc ayam joper yang mati tersebut langsung dengan uang, sehingga anda akan aman dan tidak merugi bila bertransaksi bersama kami.

Untuk pemesanan doc ayam joper anda dapat menghubungi kami dengan cara klik tombol telepon yang berada di bawah layar ponsel anda. Maka tim kami akan segera menjadwalkan untuk segera kirim doc ayam joper ke tempat anda.

Perkembangan bisnis jual DOC atau bibit ayam joper Tuban terhitung cukup pesat. Melihat posisi kota Tuban yang berada di perbatasan, antara provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Membuat para peternak bisa turut memenuhi permintaan pasar, dari sejumlah kota sekitar seperti Rembang, Lamongan, Bojonegoro. Bahkan tidak jarang pembeli datang dari Surabaya dan Semarang, khusus mencari suplier jual ayam joper Tuban. Pengiriman bisa sampai dalam waktu yang relatif cepat, karena tidak lebih dari satu hari. Selain itu umumnya metode pembayaran untuk wilayah Jatim dan sekitarnya, masih bisa menggunakan cara cash on delivery.

Perkembangan Bisnis Ayam Joper di Tuban

ayam joper umur 2 bulan

Belakangan ini nama ayam joper memang semakin melambung, seiring dengan banyaknya peternak dan pelaku usaha jual ayam joper Tuban. Perkembangan bisnis jual ayam joper Tuban berjalan ke arah yang lebih baik. Peternak memberikan respon positif untuk memenuhi permintaan pasar yang terus membludak.

Bagi sebagian besar orang awam, tentunya akan sulit membedakan antara daging ayam kampung dengan joper. Karena berdasarkan rasa dan serat semua mirip, kecuali joper lebih tebal dagingnya. Permintaan pasar ke sejumlah tempat jual ayam joper Tuban, didasari minat untuk menjalankan budaya hidup sehat. Sekarang ini hidup sehat mulai banyak dilakoni sebagian besar orang.

Daging joper memang lebih tinggi protein, namun sangat rendah lemak. Sehingga sangat aman untuk dikonsumsi orang yang terkena sakit kolesterol, ataupun jantung koroner. Bahkan telur yang dihasilkan jowo super, juga tinggi omega 3 dan rendah kolesterol.

Harga jual ayam joper Tuban dewasa sendiri bisa mencapai 60.000 per ekor jika bulan biasa. Saat memasuki bulan lebaran harganya bisa melonjak hingga 200.000. Disamping harga jualnya yang terbilang bagus, proses pemeliharaannya juga tidak sulit. Secara alamiah, joper mampu mengambil karakter turunan ayam kampung.

Sudah bukan rahasia jika beternak ayam kampung sangat mudah, cukup diumbar dan membiarkan ternak mencari pakannya sendiri. Hanya saja metode ini tidak tepat jika dipergunakan untuk berbisnis jual ayam joper Tuban. Pemilik harus menerapkan setidaknya kombinasi antara pemeliharaan intensif dengan umbaran. Agar ayam memiliki bobot sesuai standar pasar.

Sifat Ayam Joper Seperti Ayam Kampung

Cara Menyilangkan Ayam Joper Tuban

Peternak asal klaten adalah sosok yang berjasa menemukan ras baru, dengan menyilangkan ras jantan kampung bangkok dengan betina petelur. Tujuan dari menyilangkan keduanya adalah agar bisa mendapatkan keunggulan dari ayam kampung dan petelur dalam satu ras.

Terbukti ayam joper mampu mengambil kelebihan yang dimiliki indukannya. Ketahanan terhadap serangan penyakit dan sedikit membutuhkan pakan, menurun dari ayam kampung. Sementara masa panen yang singkat dan berbobot lebih besar dari kampung, menurun dari indukannya yang petelur.

Dibanding beternak ayam kampung murni, ayam joper membantu modal peternak bisa lebih cepat untuk berkembang. Selain itu resiko gagal panen lebih kecil lantaran dalam waktu 2 bulan peternakan siap untuk jual ayam joper Tuban.

Upaya untuk mendapatkan ayam joper kualitas unggulan tidaklah mudah. Diperlukan indukan yang memang berasal dari bibit unggulan. Selain itu persiapan untuk kandang tempat persilangan harus diperhatikan kondisinya.

Persilangan diupayakan terjadi alami, karena akan menetaskan bibit-bibit yang bagus. Sebelum ayam indukan dimasukkan kedalam kandang. Harap sudah disterilisasi dengan desinfektan, tugaskan satu orang yang sama guna mengurus kebutuhan para indukan.

Kombinasi ideal satu meter kandang bisa di isi, 7 ekor indukan betina petelur dengan 1 ekor jantan kampung. Jika persilangan alami berhasil, maka dalam sekali bertelur peternak bisa mendapatkan kurang lebih 2000 ekor DOC ayam joper.

Proses penetasan bibit ayam joper bisa dibantu menggunakan mesin penetas. Setidaknya dibutuhkan 10 hingga 20 mesin penetas. Bibit yang berhasil menetas bisa di distribusikan ke sejumlah tempat jual ayam joper Tuban, termasuk langsung ke peternak ayam. Satu box bibit akan berisikan 100 ekor DOC, satu ekor ayam usia 1 hari bisa mencapai harga 6.000 . Tanpa perlu memikirkan pakan ataupun biaya pemeliharaan.

Proses Pemeliharaan Ayam Joper Hingga Panen

Cara Menyilangkan Ayam Joper Tuban

Proses pemeliharaan ayam joper hingga akhirnya panen, memiliki beberapa pola menyesuaikan umur ternak. Hanya saja ayam ternak harus diperlakukan itensif agar kesehatan dan bobot terjaga. Pastikan bila bibit memang menetas tepat 21 hari. Karena jika kurang atau lebih dari waktu tersebut, ada kemungkinan memiliki kekurangan pada fase pemeliharaan.

Ciri bibit unggulan sudah bisa terlihat dari sehari menetas :

  • Memiliki mata yang jernih dan berbinar.
  • Tubuh tegap dan mampu berjalan seimbang.
  • Pergerakan lincah, termasuk nafsu makan bagus.
  • Seluruh tubuh tertutup bulu dan mengkilap.
  • Tidak ada cacat bawaan dari menetas
  • Semua lubang, baik hidung maupun anus tidak basah dan berlendir.

Hal yang perlu disampaikan sejumlah tempat jual ayam joper Tuban. Prosedur atau kondisi ideal kandang, termasuk keseimbangan pakan. Bagi ternak umur 1 – 14 hari, kehangatan kandang sangatlah penting.

Karena itu setiap satu meter berisikan 100 bibit ayam, kandang membutuhkan setidaknya 10 lampu bohlam dengan energi 10 watt. Temperatur harus terjaga antara 32 derajat celsius hingga 35 derajat celsius.

Setelah memasuki umur 15 – 21 hari maka populasi kandang harus dibagi dua, agar tidak terlalu sesak. Sebaiknya kandang dibuat dengan model postcal, apabila menginginkan lebih banyak ruang.Umumnya tempat jual ayam joper Tuban, memiliki stok yang bervariasi. Mulai dari bibitan hingga umur 60 hari.

Kendatipun ayam joper tidak membutuhkan banyak stok pakan. Keseimbangan gizi pakan harus disesuaikan dengan umur. Campurkan konsentrat daging, bekatul, jagung dengan perbandingan 3:5:2. Peternak juga bisa menambahkan vitamin pada minuman, ataupun air rebusan daun singkong atau daun pepaya.

Pemberian pakan harus terjadwal oleh petugas yang sama. Mengurangi jumlah orang yang keluar masuk kandang, bertujuan mencegah ternak dari serangan stress. Jangan lupa untuk memberi vaksin tetelo pada ayam secara berkala. Berat ideal yang diterima tempat jual ayam joper Tuban, bekisar 800 gram hingga 1000 gram per ekornya.

Melindungi Ayam Joper dari Cuaca Ekstrim

Melindungi Ayam Joper Tuban dari Cuaca

Tanggung jawab peternak tidak hanya fokus pada kebersihan kandang dan pakannya saja. Temperatur dan kenyamanan ayam joper juga harus diperhitungkan. Karena pakan sudah bergisi dan ternak mengonsumsi vitamin serta mendapatkan vaksin. Maka sistem imunnya bisa dikatakan lebih baik.

Namun akan datang musim dimana musim penghujan, sementara kandang harus selalu hangat dan cukup matahari. Jika demikian pastikan air hujan tidak masuk ke dalam kandang. Ayam yang basah sangat mudah terkena virus. Periksa selalu temperatur dalam kandang, termasuk kebersihannya. Tambahkan sekam dan cek ketebalannya, sebab sekam bisa meredam bau tidak sedap dari kotoran ayam.

Apabila ayam sudah memasuki masa pembesaran, maka usahakan kandang tidak terlalu sesak. Satu meter idealnya diisi oleh ayam umur 30 – 60 hari, berjumlah 6 sampai 10 ekor. Sebelum memasuki tempat jual ayam joper Tuban, lakukan pemeriksaan bobot secara berkala. Terkadang ayam hilang nafsu makan saat musim penghujan. Pastikan bila kondisi ternak tetap prima hingga masa panen.

jual ayam joper tuban

Leave a Comment