√ Kandang Ayam dari Bambu Berkualitas : 100% Kuat & Bergaransi

Kegiatan beternak ayam tidak akan pernah lepas dari kandang, sebagai tempat beternak ayam, baik itu ayam kampung, ayam joper, maupun ayam broiler. Jika kenyamanan kandang rendah, produktivitas ternak juga akan berkurang. Melihat peran kandang sebagai sarana produktivitas sangat penting dan harus disiapkan. Dengan cara ini kandang bisa benar-benar dihuni oleh ayam. Adapun jenis kandang ayam sendiri, bisa dibedakan dengan dua jenis, model kandang postal dan juga model kandang baterai.

Kandang postal merupakan jenis kandang di mana semua ternak ayam ditempatkan pada satu kandang tanpa adanya sekat atau pembagi. Bahkan ayam yang dikelompokkan dalam bentuk kandang postal dapat memelihara ribuan ayam. Ruang untuk setiap ayam adalah sekitar 250 cm persegi.

Harga Kandang Ayam dari Bambu di Kami (CV. Nitnot)

Produk Harga Kandang
Kandang ayam dari bambu Hubungi nomer di bawah layar anda

 

 

 

Catatan : Harga kandang ayam berkualitas ini dapat berubah dari waktu ke waktu, pastikan anda update harga kandang ayam di pasaran atau menghubungi customer service kami melalui nomor telepon yang sudah kami sediakan dibagian bawah ponsel anda.

Baca Juga : Harga Kandang Ayam Petelur

Kandang Ayam dari Bambu Murah

kandang ayam bambu

Sedangkan model kandang baterai adalah jenis kandang yang umum digunakan untuk ternak ayam petelur, panjang 40 cm dan lebar 20 cm. Adapun ketinggian kandang, itu akan menyesuaikan dengan ketinggian ayam, biasanya sekitar 30 hingga 40 cm, dan menghubungkan kandang satu sama lain. Oleh karena itu, dapat membentuk unit ramping yang dapat menampung hingga puluhan ribu ayam petelur, dan pagar tipe baterai juga dapat digunakan untuk beternak ayam dalam kelompok.

Tentu saja, misalnya, dalam kandang berisi 4 hingga 6 ekor ayam, luas kandang disesuaikan dengan jumlah ayam. Fakta telah membuktikan bahwa kandang baterai ini sangat cocok untuk ayam petelur. Karena kandang memiliki sistem ventilasi yang baik, udara dapat memasuki kandang secara bebas.

Secara umum ada beberapa bahan utama yang digunakan untuk membuat kandang ayam, bisa menggunakan kayu, bambu maupun material logam yang lebih kuat. Jika memang Anda ingin membuat kandang ayam dengan budget yang sedikit, Anda dapat menggunakan bahan baku kayu maupun bambu yang lebih murah. Terlebih lagi, jika disekitar rumah Anda, ada pohon bambu, sehingga akan lebih menekan biaya pembuatan kandang ayam.

Dasar Pembuatan Kandang Ayam dari Bambu

kandang ayam bambu

Meskipun banyak peternak ayam membiarkan ayam bergerak bebas di pekarangan, beternak ayam benar-benar membutuhkan area khusus sebagai tempat ayam bergerak. Namun keberadaan kandang masih diperlukan untuk menghindari berbagai risiko. Misalnya, jenis kandang ayam bambu. Lah yang sering digunakan karena dari segi harga, ini cukup terjangkau, dan dapat mengandalkan tingkat elastisitas. Selain itu, bahan dasar bambu dianggap lebih mudah dibersihkan dan menyesuaikan suhu udara.

Membuat kandang ayam tentu bukan tugas yang mudah, karena kondisi kandang ayam ini biasanya mempengaruhi kesehatan ayam itu sendiri. Ayam adalah hewan yang mudah stres. Jika lingkungan tidak bersih, mereka juga rentan terhadap penyakit. Ayam menjadi burung aktif yang membutuhkan perawatan rutin.

Serta tempat untuk istirahat, yaitu kandang. Khusus untuk ayam ternak (misalnya ayam pedaging), kandang besar biasanya harus luas dan lengkap. Karena ayam pedaging akan digunakan untuk bahan makanan dan perdagangan. Karena itu, kualitas ayam juga harus diperhatikan. Berbeda dengan ayam hias atau ayam peliharaan biasa.

Jika Anda ingin membuat kandang bambu untuk ayam, Anda harus merancang dan mempertimbangkan empat elemen dasar dari awal. Empat dasar untuk membuat kandang meliputi:

Material

material kandang ayam bambu

Selain bahan bambu, kandang ayam bisa dibuat dari berbagai bahan lain, seperti kayu bekas dan kayu lapis. Di atap, Anda dapat menggunakan bahan yang melindungi ayam dari sinar matahari dan hujan yang berlebihan, seperti seng, serat, dan terpal. Anda bisa menggunakan bambu selama Anda yakin tahan hujan dan tidak masuk.

Ukuran

ukuran kandang ayam bambu

Variabel ukuran ini akan sangat penting, terutama jika jenis ayam yang Anda ternakkan jumlahnya besar. Ukuran kandang bambu dengan seekor ayam sekitar 75 cm x 75 cm x 75 cm. Ini juga merupakan tempat bagi ayam peliharaan biasa daripada ayam petelur atau ayam ternak. Kandang tersebut juga bisa digunakan untuk ayam jenis petarung ukuran sedang.

Desain

desain kandang ayam dari bambu

Secara umum, ada dua jenis desain kandang untuk ayam, yaitu kandang postal, tanpa pembagi atau sekat. Kandang jenis ini banyak digunakan sebagai kandang ayam ukuran kecil atau kandang ayam hias. Yang kedua adalah jenis baterai. Sebaliknya, dalam tipe ini, pembagi dan sekat digunakan untuk setiap bagian. Bangunan skala besar dari jenis ini dapat dibangun untuk mencapai ukuran rumah manusia. Digunakan untuk memelihara ternak. Jenis ayam yang biasanya menggunakan kandang baterai adalah ayam jantan, ayam pedaging, dan petelur.

Sesuai Kebutuhan

kebutuhan kandang ayam bambu

Dasar keempat adalah penyesuaian permintaan. Setiap peternak unggas harus memahami kebutuhan mereka. Dapat disesuaikan dengan jenis ayam, jumlah ayam, luas lahan yang dimiliki, dan lain-lain. Karena itu, persyaratan ini harus dipenuhi ketika membangun kandang.

Beberapa Jenis Desain Kandang Ayam dari Bambu

Seperti disebutkan di atas, desain kandang ayam bambu dapat dibagi menjadi dua jenis, atau tanpa menggunakan pembagi atau sekat dan juga yang menggunakan sekat. Berikut adalah beberapa contoh kandang ayam bambu dalam berbagai bentuk, baik bersekat maupun tidak.

Kandang ayam lipat

kandang ayam bambu

Desain ini tidak hanya cocok untuk ayam, tetapi juga banyak digunakan dalam kandang hewan peliharaan untuk hewan kecil lainnya, seperti kelinci. Ini disebut kandang lipat karena masing-masing sisi dapat dibongkar pasang dengan mudah. Rata-rata, itu dijual dalam bentuk yang dilipat, dan pemilik dapat merakitnya sendiri. Kandang ayam bambu yang unik semacam ini sangat mudah ditemukan dijual melalui toko online.

Kandang ayam kurung

kandang ayam bambu

Bentuk kandang ayam pasti tidak asing lagi bagi Anda, desain kandangnya memang biasa digunakan untuk ayam hias dan ayam peliharaan di rumah. Ukurannya berbeda, tetapi biasanya hanya cukup untuk menampung satu atau dua ekor ayam. Jika ayam terlalu aktif, kandang akan dengan mudah terbuka.

Kandang ayam panggung

kandang ayam bambu

Bentuk kandang panggung banyak digunakan untuk sejumlah ayam. Selain beratnya yang tepat, ia tidak tahan terhadap berat yang besar, dan ukuran kandang tidak boleh terlalu besar. Jenis yang berlaku adalah jenis sangkar postal tanpa sekat.

Kandang ayam tingkat

kandang ayam bambu

Berikutnya adalah desain kandang bertingkat. Jenis ini termasuk jenis baterai. Ada sekat antara kandang, dibangun untuk mengurangi penggunaan ruang. Ada banyak jenis ayam yang menggunakan kandang ini, termasuk ayam petelur.

Cara Membuat Kerangka Kandang Ayam dari Bambu

bambu untuk kandang

Jika Anda benar-benar ingin membuat kandang ayam Anda sendiri, Anda dapat mulai membuat kerangka dasar dan kemudian menerapkan bahan pelengkap lainnya. Ini adalah beberapa langkah untuk membuat kerangka kandang ayam bambu kecil.

Mengumpulkan peralatan dan bahan

peralatan dan bahan kandang ayam bambu

Langkah pertama adalah mengumpulkan peralatan dan bahan yang diperlukan. Jika Anda ingin menggunakan bambu, kumpulkan bambu yang sudah diukur dan dipotong-potong. Sesuaikan jumlah bahan dan alat sesuai dengan desain yang dipilih. Bahkan jika Anda menggunakan bambu, Anda pasti membutuhkan banyak bahan lain untuk melengkapinya.

Membuat kerangka dasar

kerangka dasar kandang ayam dari bambu

Setelah memilih desain yang sesuai dan menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan, Anda harus membuat kerangka dasar dari kandang. Kerangka dasar ini akan menjadi dasar untuk mempengaruhi bentuk dan kesempurnaan kandang buatan. Mulai dari alas hingga atap, kerangka kandang ini harus dibuat menyeluruh.

Membuat alas lantai kandang

alas lantai kandang ayam dari bambu

Selanjutnya, Anda dapat mulai membangun kandang dengan terlebih dahulu membuat alasnya. Selain kaki-kaki kandang, alasnya juga harus dibuat dalam bentuk yang praktis. Dengan cara ini, akan mempermudah untuk dibersihkan nantinya. Anda dapat memasang dua jenis alas, satu adalah pijakan untuk kaki ayam, dan yang lainnya adalah alas untuk menempatkan kotoran ayam. Tidak hanya bambu yang dapat digunakan, tetapi bahan lain juga dapat dikombinasikan untuk membuat kandang yang kuat, misalnya, menempatkan balok kayu di beberapa bagian sebagai penopang utama.

Memasang kerangka

kerangka kandang ayam dari bambu

Langkah keempat adalah memasang kerangka secara berdampingan setelah memasang alas. Jika Anda memiliki bambu dalam jumlah terbatas dan tidak ada cukup bahan di sisinya, silakan gunakan kawat dan jangan lupa juga membuat pintu di depan. Sedangkan untuk atap kandang, coba pasang pada posisi miring. Pastikan kandang yang Anda bangun dapat berfungsi sebagai saluran sirkulasi udara. Karena itu juga sangat penting.

Jual Kandang Ayam Bambu Murah

jual kandang ayam bambu murah

Anda ingin membeli kandang ayam dari bambu dengan harga sangat murah tapi berkualitas? Kami dari CV. Nitnot sudah hampir 3 tahun dipercaya sebagai penyedia kandang ayam berkualitas tinggi dengan dukungan armada mobil kami yang sangat banyak kami akan mengantarkan ayam pesananan anda sesuai lokasi anda dengan selamat.

Ayo segera order kandang ayam bambu dari kami! jika ada yang rusak, kami siap garansi potong harga di tempat apalagi kami menggunakan sistem bayar di tempat, solusi belanja ayam murah dan aman. Untuk pemesanan silahkan menghubungi kontak yang berada di bawah layar anda.

Last Updated on

Leave a Comment