kemitraan ayam joper

√ Kemitraan Ayam Joper : Keuntungan Berkali Lipat

Saat ini berbisnis menjadi sebuah kegiatan yang disenangi banyak orang. Bisnis bisa menjadi sumber penghasilan utama atau sampingan untuk seorang karyawan. Berbisnis kini juga sangat mudah untuk Anda mulai meskipun memiliki modal yang minim, salah satunya dengan mengikuti pola kemitraan suatu bisnis. Kemitraan ayam joper bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin berkecimpung dalam bisnis peternakan.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari kebutuhan daging yang terus bertambah di tengah masyarakat, tak hanya daging sapi tetapi juga daging ayam. Daging ayam memang lebih banyak dipilih oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga. Apalagi sebagian orang memiliki minat lebih tinggi pada ayam kampung, sebab rasa dagingnya yang nikmat dan lebih gurih.

Lalu apa yang dimaksud dengan ayam joper? Ayam joper merupakan persilangan antara betina layer dengan ayam kampung jantan. Pola kemitraan pada usaha peternakan ayam joper melibatkan mitra dengan pemasaran, permodalan serta manajemen budi dayanya. Sasaran pola kemitraan ini tentunya untuk membantu peternak yang kurang modal supaya dapat mengembangkan bisnis ternak ayam joper ini.

Dalam hal ini, peternak berperan dalam penyediaan kandang ayam dan tenaga kerja, sedangkan pihak inti sebagai penyedia bibit, pakan ternak serta membantu manajemen budi daya pemeliharaannya. Peternak Hasil panen yang didapat umumnya akan dijual sesuai dengan harga pada kontrak. Pola kemitraan ayam joper sangat cocok diterapkan di Indonesia yang peternaknya banyak mengalami keterbatasan pada modal.

Keuntungan Sebagai Member Kemitraan Ayam Joper

beternak ayam joper

Dengan menggunakan pola kemitraan, maka pihak inti dan peternak akan sama-sama mendapat keuntungan. Lalu apa saja keuntungan yang didapatkan oleh peternak ayam joper pada sistem kemitraan ini, adalah sebagai berikut :

  • Mendapatkan bimbingan dari pihak inti mengenai cara budidaya dan pemeliharaan ayam joper.
  • Peternak mampu mengembangkan usaha aym joper hanya dengan modal kandang dan tenaga kerja. Sedangkan untuk bibit dan kebutuhan lainnya disediakan oleh pihak inti.
  • Peternak tidak akan kesulitan menjual hasil panen ternaknya, sebab pihak inti pasti akan menampung hasil panennya seberapapun jumlahnya.
  • Ayam joper memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan jenis ayam lainnya.
  • Ayam joper atau ayam kampung super dapat dipanen lebih cepat sekitar 6 minggu, sedangkan ayam kampung baru bisa dipanen pada usia 90 hari dengan bobot yang sama.
  • Pemeliharaannya cukup mudah yaitu hanya dengan melepaskannya pada suatu kandang yang bebas dari gangguan binatang lainnya.

 

Keuntungan yang Didapat Oleh Pihak Inti Dari Pola Kemitraan

Keuntungan yang didapat oleh pihak inti dari pola kemitraan

Kemudian apa saja keuntungan yang bisa didapatkan oleh pihak inti? Pihak inti dapat mengembangkan usahanya dengan modal rendah sebab tanpa harus menyiapkan kandang dan membayar pihak tenaga kerja. Ayam pedaging memiliki siklus lebih pendek, sehingga dengan pola kemitraan ini dapat menghitung untung dan rugi dengan lebih cepat. Sebab panen ayam joper yang membutuhkan waktu kira-kira 6 minggu.

Sedangkan jika Anda berternak ayam kampung biasa ataupun ayam petelur, membutuhkan siklus yang lama yaitu sekitar 75-80 hari. Hal ini menjadikan Anda lebih sulit untuk menghitung untung dan ruginya. Kemudian adanya pola kemitraan ayam joper ini juga dapat meningkatkan produksi daging ayam joper, sehingga dapat memberi peluang usaha untuk banyak orang serta meningkatkan pendapatan para peternak.

Persyaratan Bergabung Menjadi Mitra Ayam Joper

mitra ayam joper

Berikut merupakan syarat yang biasanya harus dipenuhi bagi member kemitraan ayam joper :

  • Kandang partner ayam ayam joper harus penuhi standard operasional perawatan ayam joper (Kandang type postal serta di lantai kandang semen).
  • Ternak partner ayam joper dengan jumlah minimum 500 ekor ayam kampung (dalam kota), 1000 ekor (luar kota).
  • DOC Ayam Kampung/bibit ayam joper bermutu dengan indukan terseleksi.
  • Fasilitas produksi ternak, pakan, serta formula harus serta sesuai dengan referensi Team inti kemitraan.
  • Memiliki loyalitas yang tinggi untuk sukses bersama-sama tim inti kemitraan.
  • Pakan, beberapa obat, vaksin serta vitamin diprioritaskan sesuai dengan referensi dari tim inti kemitraan
    Agunan hasil saat panen partner ternak ayam kampung dibeli kembali lagi pada harga yang tinggi.

Itu tadi merupakan beberapa prasyarat yang biasanya di sediakan oleh tim inti kemitraan, namun point di atas tidak sepenuhnya benar, anda akan menemukan beberapa perbedaan tergantung anda ikut kemitraan ayam joper milik siapa.

Itulah tadi pembahasan mengenai kemitraan ayam joper, semoga dengan artikel ini anda dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum mengikuti kemitraan ayam joper yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda, dan tunggul artikel menarik lainnya

Leave a Comment