cara beternak ayam arab petelur

7 Cara Ternak Ayam Arab Petelur Beserta Tipsnya

Memulai bisnis sebagai peternak ayam memang bukan hal yang mudah, terutama jika masih pemula dalam hal ini. Termasuk jika berminat untuk menjadi peternak ayam arab, mengingat ada banyak hal yang berkaitan dengan cara beternak ayam arab, tentunya ada banyak informasi yang dibutuhkan sebelum memantabkan diri memasuki bisnis tersebut. Mungkin untuk anda yang ingin bertanya tanya dahulu sebelum memutuskan untuk beternak ayam arab kami persilahkan untuk menghubungi kami “CV Nitnot di Blitar, Jawa Timur”, kami sudah berpengalaman lama dalam bisnis ayam arab, kami akan membantu mengarahkan anda bagaimana cara berternak ayam arab yang baik sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa cara beternak ayam arab petelur yang umum dilakukan.

Cara Beternak Ayam Arab

Apabila sudah mantab berencana untuk ternak ayam arab arab petelur, sebaiknya ketahui cara ternak ayam arab yang paling benar dan sesuai. Berikut ini beberapa langkah yang sebaiknya harus dilakukan bag para pemula.

1. Analisa Usaha Budidaya Ayam Arab

Yang pertama harus diperhatikan mempersiapkan lebih dahulu analisa usaha untuk budidaya ayam arab petelur. Apabila masih pemula dan kurang yakin, sebaiknya serahkan saja hal ini kepada perusahaan kami. Dengan demikian untuk perhitungan bisnis dan keuntungan bisa kami kerjakan secara rapi dan teliti untuk dipahami cara serta keuntungannya.

2. Persiapan Kandang

kandang ayam arab

Untuk persiapan kandang kami ulas lebih dalam lagi di bawah pembahasan ini, silahkan nanti dibaca. Sebelum membuat kandang, jangan lupa untuk merencanakan terlebih dahulu berapa jumlah ayam yang akan ternakan, hal ini untuk menentukan jumlah kandang yang perlu kita persiapkan. Sebaiknya jangan dipaksakan untuk memuat berlebihan doc ayam arab dalam satu kandang, karena pertumbuhannya dapat terganggu dan tidak maksimal.

3. Memilih Jenis Pakan

memilih pakan ayam arab

Pakan memegang peranan vital dalam tumbuh kembang ayam arab. Ayam arab akan dapat bertelur dengan baik dan teratur jika kita memberikan pakan yang baik, bernutrisi tinggi dan teratur juga. Jika pemilihan pakan tidak baik dan kurang bernutrisi, maka kemungkinan produktivitas telur akan menurun. Untuk itu pilih jenis pakan ayam yang sesuai dan bernutrisi, ini merupakan syarat budidaya ayam arab yang cukup penting supaya anak ayam dapat tumbuh sehat dan optimal.

Jenis pakan yang paling sering digunakan yaitu jagung, bekatul, konsentrat serta vitamin jika dibutuhkan. Kandungan protein yang harus dipenuhi untuk pakan intensif sehari hari adalah 16 sampai 18 %. Apabila kebutuhan pakan ini terpenuhi, maka akan membantu pertumbuhan anak ayam yang lebih baik. Dalam sehari, ayam arab dapat diberi pakan sebanyak dua kali, yaitu pada pagi hari dan siang hari. Untuk satu ayam arab, biasanya rata rata menghabiskan setidaknya 80 – 90 gram dalam satu hari.

4. Menentukan Kualitas Pakan

pakan ayam arab

Untuk mengetahui apakah ayam cocok dengan kualitas pakan yang diberikan, anda dapat melihat dari telur yang dihasilkan ayam arab. Ayam arab yang sehat dan kuat akan menghasilkan cangkang telur yang kuat dan sehat pula. Karena itu jika terjadi sebaliknya, maka bisa jadi ayam kurang cocok dengan pakan yang diberikan.

5. Proses Budidaya dan Produksi

budidaya ayam arab

Proses budi daya ayam arab petelur sebaiknya selalu diperhatikan dengan seksama, karena hal ini menjadi penentu apakah budidaya yang kita jalankan selama ini berhasil atau tidak. Budidaya dikatakan berhasil jika ayam arab menghasilkan produksi telur yang banyak dan berkualitas. Namun jika telur yang dihasilkan ayam arab sedikit dan jelek, kita harus mencari tahu apa penyebab dari berkurangnya produksi telur ayam arab.

Untuk mengetahui apakah ayam arab produksi telurnya baik, anda dapat menentukan berapa jumlah telur yang dihasilkan sejak semula. Apabila mencapai 80% dari sejak semula ayam bertelur, maka proses produksi telur ayam arab dapat dikatakan berjalan dengan baik. Namun jika tidak, maka sebaiknya lakukan evaluasi dimana terjadi kesalahan dalam cara budidaya ayam arab yang tengah dilakukan.

Ayam arab dalam waktu 15 menit dapat kawin sebanyak 3 kali, maka tak heran jika ayam arab ini disebut sebagai ayam yang sangat produktif. Dalam produksi telur, pengelolaannya yang sangat penting, apabila ingin berbisnis telur tetas maka antara jantan dan betina mempunyai perbandingan 1 : 8, nanti ketika ayam sudah berumur 5 bulan, maka ayam sudah mampu bertelur. Rata rata produksi telur tinggi terjadi pada bulan ke 8. Usia produktiv ayam arab adalah 6 bulan sampai 1,5 tahun.

6. Melakukan Pengendalian Penyakit

ayam arab petelur

Ayam arab ini termasuk jenis ayam yang sangat tahan terhadap penyakit ketimbang ayam jenis lain, meskipun begitu, ayam arab ini juga bisa terserang oleh penyakit. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan pengendalian penyakit ayam arab dengan benar. Umumnya ayam mudah terserang penyakit tetelo dan ND (Newcasteldesease). Bahkan yang lebih berbahaya yaitu resiko terjangkit flu burung seperti yang pernah terjadi beberapa waktu yang lalu. Oleh karena itu untuk mencegah kerugian besar, sebaiknya selalu perhatikan jenis dan jadwal vaksin ayam yang baik dan teratur.

Kandang Untuk Beternak Ayam Arab

Dalam pembuatan kandang ayam arab, usahakan menghadap ke timur maupun menghadap ke barat, hal ini berkaitan dengan sirkulasi udara pada kandang ayam agar lancar. Hal pertama yang penting untuk diketahui pada saat membangun peternakan ayam arab yaitu memperhatikan jenis kandang yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa jenis kandang yang harus disiapkan saat membangun peternakan ayam arab:

1. Box Indukan

kandang doc ayam arab

Ini merupakan kandang yang biasanya dipakai untuk membesarkan doc ayam arab hingga usia 3 minggu atau 1 bulan. Kandang ini dapat memuat sejumlah doc dengan banyaknya yang bervariasi, tergantung dari umur anak ayam tersebut. Jika diisi doc hingga usia 7 hari, maka box indukan ini akan muat kurang lebih 60 ekor anak ayam dan akan membutuhkan pemanas sebesar 40 watt. Namun jika dipakai membesarkan anak ayam hingga 14 hari, box indukan ini hanya muat sejumlah 40 ekor saja dan butuh pemanas sebesar 25 watt saja.

2. Kandang Liter atau Kandang Postal

kandang litter dan kandang postal

Jenis kandang berikutnya yaitu kandang liter atau kandang postal, merupakan kandang rumahan. Kandang ini dapat dipakai untuk membesarkan anak ayam yang sudah berumur sebulan hingga berumur 2 bulan. Dalam satu kandang umumnya mampu memuat hingga 400 ekor anak ayam. Biasanya kandang ini memiliki ukuran 4 meter x 4 meter x 2.5 meter

3. Kandang Baterai

kandang baterai ayam arab

Terakhir yaitu kandang baterai yang didesain untuk ayam arab petelur. Kandang ini berbentuk persegi empat yang disusun berderet panjang, biasanya juga bertingkat. Kandang ini tidak memakan banyak tempat dan mempunyai vertilisasi yang cukup baik, sehingga udara sangat mudah masuk ke kandang. Kandang ini sangat mudah untuk pengawasan, pemanenan, pembersihan kandang, dan pemberian takaran makanan, sehingga produktivitas ayam arab tinggi dan kandang ini sangat cocok untuk proses produksi telur. Biasanya ukuran kandang ini mempunyai panjang 25 cm, lebar 35 cm, tinggi kandang depan 35 cm dan tinggi kandang belakang 28 cm. Sehingga dengan ukuran tersebut, satu kandang hanya dapat diisi oleh satu ekor ayam arab petelur.

Tips Cara Memelihara Ayam Arab Yang Baik

beternak ayam arab

Jika langkah-langkah budidaya ayam arab telah dilakukan, tetapi hasilnya masih dirasa belum maksimal, maka sebaiknya perhatikan apa yang menjadi kekurangan dalam hal tersebut. Umumnya masalah dalam budidaya ayam arab petelur akan berkisar hal-hal yang sama. Oleh karena itu jika ingin berhasil, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Perhatikan kebersihan kandang ayam.

Selalu bersihkan secara rutin untuk menghindari resiko penularan penyakit yang cukup besar. Sebaiknya jika diperlukan maka berikan disinfektan pada kandang ayam arab. Dengan demikian kesehatan ayam yang dipelihara di dalamnya akan terjaga lebih optimal dan bebas dari beberapa ragam penyakit unggas.

2. Perhatikan cara pemberian vaksin ayam arab yang benar.

Pemberian vaksin patut untuk diperhatikan, karena jika salah prosedur maka bisa jadi vaksin tidak bekerja secara optimal. Supaya vaksin dapat bermanfaat penuh, maka jangan lupa untuk melakukan penyimpanan vaksin yang sesuai. Perhatikan juga usia anak ayam diberikan vaksin dengan teratur, jangan sampai terlewat supaya tidak mudah terserang penyakit. Sebaiknya supaya lebih optimal, berikan vaksin pada saat udara dingin atau hujan serta lakukan pada ayam yang sehat sebelum diberikan pakan.

3. Cukup penting juga untuk mengetahui masa bertelur ayam.

Karena umumnya ayam yang sudah berusia 5 bulan sudah dapat produktif menghasilkan telur dan akan berlanjut terus secara maksimal hingga usia 8 bulan. Setelah itu biasanya jumlah telur yang dihasilkan akan lebih menurun dan hingga ayam berusia kurang lebih 1,5 tahun umumnya sudah akan berhenti bertelur. Karena itu tentukan usia ayam terbaik supaya tidak merugi dan dapat meraih keuntungan maksimal.

4. Ayam jangan sampapi stress.

Saat meletakkan kandang juga perhatikan faktor yang dapat membuat ayam merasa stress. Perhatikan juga lokasi kandang ayam yang baik sehingga mendapat sinar matahari yang cukup. Karena jika tidak ayam akan terlihat pucat serta akan lebih mudah sakit.

Keuntungan Beternak Ayam Arab

Banyak sekali keuntungan budidaya ayam arab, mungkin sebagian sudah saya sebutkan di pembahasan pembahasan tadi. Pada umumnya, ternak ayam arab dipilih karena beberapa hal berikut ini:

  1. Ayam arab memiliki kemiripan dengan ayam kampung, oleh karena itu kualitas telurnya hampir menyerupai kualitas telur ayam kampung. Bentuknya kecil bewarna putih, persis sekali seperti ayam kampung, sehingga harganya dapat dijual di pasaran cukup tinggi.
  2. Ayam arab mampu memproduksi telur sebanyak kurang lebih 80% hingga 90%. Oleh karena itu ayam arab cukup optimal untuk diternakkan dibanding dengan jenis ayam yang lainnya.
  3. Ayam arab mampu bertelur sepanjang tahun, karena ayam arab tidak perlu mengeram seperti jenis ayam buras yang memerlukan waktu untuk mengerami telur sebelum menetas.
  4. Ayam arab lebih efisien dalam hal pemberian pakan. Umumnya ayam arab hanya membutuhkan pakan kurang lebih sebesar 80 gram saja per ekor ayam dalam sehari. Sehingga jika dibandingkan jenis ayam petelur lainnya, rasio jumlah pakan yang dibutuhkan otomatis akan lebih kecil.
  5. Perawatan ayam arab juga tidak terlalu susah, asal memperhatikan dengan benar kriteria-kriteria memelihara yang baik, maka sebagian besar akan berhasil dan mendatangkan keuntungan yang maksimal.
  6. Kandungan nutrisi pada ayam arab lebih tinggi dari ayam buras, sedangkan kandungan lemaknya lebih rendah. Otomatis ayam jenis ini jika sudah tidak produktif cocok dijadikan ayam potong dan lebih baik jika dikonsumsi.
  7. Ayam arab juga tidak susah dalam hal memberikan pakan. Baik pakan rumahan maupun pakan buatan dari pabrik. Jenis ayam arab umumnya mampu mengkonsumsi semua jenis pakan ternak ayam.

Keuntungan Bekerja Sama Dengan CV. Nitnot

beli ayam arab di ayamjoper.id

Mempercayakan peternakan ayam arab termasuk cara dan suplai doc/bibit ataupun pullet ayam arab kepada CV Nitnot adalah suatu langkah yang tepat. Hal ini karena perusahaan kami memiliki beberapa komitmen dalam membantu para pelanggan. Kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan ini antara lain sebagai berikut:

  1. Cara pesan atau ordernya cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Cukup dengan menelepon kontak kami, maka proses order akan segera dilakukan. Cara lain bisa juga dengan mengisi form yang telah tersedia di web kami di ayamjoper.id. Sehingga dengan demikian proses order dapat dilakukan dengan cepat dan dimana saja.
  2. CV Nitnot berkomitmen untuk membantu pengiriman doc ayam arab maupun indukan / pullet ayam arab dengan cara yang cepat dan kontinyu. Hal ini karena perusahaan kami telah berpengalaman dalam melakukan hal tersebut dan tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Tidak perlu takut terlambat atau terharmbat. Karena di perusahaan kami telah terdapat surat rekomendari dan SKKH dari dinas peternakan untuk syarat pengiriman doc ayam arab hingga ke luar pulau.
  3. Harga yang ditawarkan CV kami merupakan harga yang cukup bersaing dan kompetitif. Selain itu harga tersebut juga cukup murah dibanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh perusahaan kami. Karena itu tidak perlu khawatir tertipu atau mendapat kualitas indukan maupun doc yang buruk.
  4. Doc yang disediakan oleh CV kami juga memiliki kualitas tinggi dan berasal dari breeding-breeding pilihan. Sehingga dijamin tidak akan mengecewakan. Selain itu terdapat beberapa standar dan prosedur yang ketat untuk pengiriman, sehingga tidak perlu takut atau ragu mendapat produk cacat atau gagal.

Berbisnis ternak ayam arab bagi pemula memang tidak mudah. Namun dengan usaha yang tekun, tentunya budidaya ayam arab merupakan jenis usaha yang patut untuk dipertimbangkan. Dengan menyerahkan kepercayaan pada CV Nitnot, maka dijamin usaha budidaya ayam arab akan berjalan dengan baik dan lancar.

Oleh sebab itu, tidak perlu ragu untuk segera menghubungi kami di 0821 3678 3880. Kami akan segera memberikan informasi yang diperlukan, termasuk kisaran dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang diinginkan tersebut.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang portfolio perusahaan kami, maka dapat dilihat di situs web kami di www.ayamjoper.id. Tentunya akan lebih jelas dan tidak akan meragukan kualitas dari perusahaan kami dalam mensuplai kebutuhan untuk ternak ayam, terutama kebutuhan indukan maupun doc ayam arab.

Leave a Comment