Seluk Beluk Usaha Peternakan Ayam Arab Dan Peluangnya

Membuka usaha ayam arab saat ini mulai menjadi tren di kalangan peternak ayam. Tetapi rupanya masih belum banyak informasi yang tersedia mengenai budidaya ayam arab tersebut. Oleh karena itu tak heran jika banyak pengusaha pemula merasa bingung akan seluk beluk usaha perternakan ayam arab tersebut. Bila hal ini merupakan salah satu hal yang sedang dihadapi, maka sebaiknya daripada merasa ragu, hubungi CV Nitnot, supplier doc ayam arab berkualitas yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur.

Perusahaan kami merupakan salah satu tempat yang mampu membantu suplai doc ayam arab hingga kuantitas besar ke seluruh Indonesia. Tidak hanya membantu menyediakan suplai, tetapi juga sanggup membantu untuk memberi perkiraan modal usaha dan keuntungan serta tips-tips dalam membudidayakan ayam arab petelur hingga menghasilkan nilai jual yang bermanfaat. Selain itu bersama kami, maka akan kami bantu untuk mengontrol peternakan ayam yang baru didirikan hingga sanggup untuk mandiri. Sehingga pelanggan yang menggunakan jasa kami pastinya tidak akan kecewa dan akan mendapat informasi tentang cara budidaya ayam arab yang paling tepat.

Kelebihan Beternak Ayam Arab

Menentukan suatu bisnis pastinya tidak asal dan sembarangan. Demikian halnya saat memutuskan untuk berbisnis ternak ayam arab. Tentu ada beberapa hal yang melatarbelakangi hal tersebut. Untuk lebih jelasnya apa saja keuntungan usaha peternakan ayam arab ini, simak beberapa poin di bawah ini:

Jumlah Pakan Lebih Sedikit

pakan ayam arab
Pakan Ayam Arab

Jumlah pakan yang diperlukan oleh satu ekor ayam arab jauh lebih sedikit dari yang dibutuhkan oleh ayam petelur jenis lainnya. Umumnya ayam arab hanya butuh pakan sekitar maksimal 80 gram sehari. Berbeda dengan ayam jenis lain yang membutuhkan pakan sampai dengan sebesar 110 gram sehari. Dengan perbedaan tersebut, maka biaya pemeliharaan dan perawatan ayam arab jauh lebih murah dibandingkan dengan ayam petelur.

Produktivitas Telur Cukup Tinggi

telur ayam arab
Telur Ayam Arab

Produktivitas ayam arab petelur lumayan cukup baik dibandingkan dengan ayam petelur lain. Ayam arab dapat menghasilkan hingga 70% hingga 80% jumlah telur dalam seharinya. Sehingga dalam satu tahun umumnya satu ekor ayam dapat menghasilkan telur hingga 190 – 250 butir telur.

Kualitas Telur Cukup Baik

telur ayam arab bagus
Telur Ayam Arab

Kualitas telur ayam arab cukup baik dibandingkan dengan telur ayam petelur. Telur ayam arab bentuknya kecil bewarna putih, jadi hampir mirip seperti telur ayam kampung. Hal inilah yang membuat telur ayam arab ini harganya agak mahal jika dibanding dengan ayam petelur. Selain itu untuk saat ini ayam arab merupakan ayam paling produktif dalam bertelur, sehingga potensi penjualan telur ayam arab tetap tinggi dan diminati oleh banyak orang. Dengan kualitas kuning telur yang mencapai 52% dari keseluruhan, maka telur ayam arab ini memiliki kualitas yang lebih baik dan setara hingga telur ayam kampung. Akibatnya harga jual telur ayam arab dapat hampir menyerupai harga telur ayam kampung.

Kandungan Protein Telur Cukup Tinggi

kandungan nutrisi ayam arab

Kandungan protein dalam telur ayam arab cukup tinggi, sementara kandungan lemaknya lebih rendah. Hal ini menyebabkan telur ayam arab juga banyak diminati oleh orang untuk menjaga kualitas kesehatan. Terutama untuk asupan anak bayi dan balita yang membutuhkan asupan gizi maksimal untuk pertumbuhan. Hal ini menyebabkan permintaan suplai telur ayam arab juga terus meningkat. Sehingga sampai saat ini usaha peternakan ayam arab masih mendominasi dan memberikan keuntungan yang cukup maksimal.

Biaya Pemeliharaan Ayam Arab Lebih Murah

ayam arab petelur
Ayam Arab Petelur

Biaya pemeliharaan ayam arab juga lebih minim, karena ayam arab lebih mudah menerima jenis pakan apapun dibandingkan ayam kampung yang harus diberi pakan tertentu. Hal ini membuat jumlah biaya harian yang dikeluarkan untuk memelihara ayama arab relatif lebih rendah dibanding untuk usaha ternak jenis ayam lainnya atau untuk jenis ayam kampung.

Peluang Usaha Ayam Arab

peluang usaha beternak ayam arab

Beternak ayam arab tentunya memberikan keuntungan yang menjanjikan. Hanya saja banyak yang belum paham benar berapa besar serta berapa lama dapat meraih keuntungan yang dimaksud. Tentunya hal ini juga bergantung besar modal yang diberikan sebelum memulai usaha. Karena itu sebaiknya tentukan dengan cermat jumlah modal yang akan diinvestasikan pada usaha peternakan ayam arab ini supaya dapat menghasilkan keuntungan dalam waktu yang cukup singkat.

Adapun berikut ini beberapa estimasi jumlah modal yang diperlukan serta berapa lama dapat waktu untuk mulai memperoleh keuntungan. Estimasi ini hanya bersifat perkiraan, jika membutuhkan perhitungan yang lebih rinci sebaiknya hubungi CV Nitnot segera di 0821 3678 3880 untuk mendapatkan penawaran yang lebih optimal dan sesuai. Jika ingin tahu secara garis besarnya, maka berikut perhitungan umum dalam menentukan peluang usaha peternakan ayam arab.

1. Modal Awal

Dimulai dari menentukan besar kendang yang akan dibuat. Secara umum kendang yang baik dapat digunakan hingga 7 periode, sementara 1 periode berkisar kurang lebih 2 tahun. Sehingga untuk perhitungan ini maka diasumsikan akan melakukan bisnis sebanyak 7 periode atau sebanayk 14 tahun.

Sementara modal awal yang perlu dikeluarkan untuk membangun kendang yaitu sebesar kurang lebih 35 juta rupiah untuk satu kendang yang mampu memuat hingga 1000 ekor ayam arab dewasa dan siap bertelur.

Untuk perhitungan awal modal doc ayam arab, bisa dimulai dengan memelihara doc ayam arab usia siap produksi atau kurang lebih 3 bulan. Umumnya harga satu ekor ayam arab usia produksi ini berkisar di harga kurang lebih 50 ribu, sehingga jika berencana beternak 1000 ekor akan dibutuhkan modal 50 juta rupiah.

Dari nilai tersebut, baik antara kendang dan jumlah doc ayam arab, maka dapat dihitung total keseluruhan nilai investasi yang diperlukan. Berdasarkan angka di atas maka diperoleh total harga investasi kurang lebih 85 juta rupiah di awal.

2. Biaya Produksi

Selanjutnya yang perlu dihitung juga adalah biaya produksi yang butuh untuk dikeluarkan setiap bulannya. Umumnya yang berpengaruh adalah biaya pakan, obat-obatan serta tenaga kerja untuk memelihara ayam ternak tersebut.

Dimulai dari pakan yang dibutuhkan, satu ekor ayam arab umumnya membutuhkan maksimal 80 gram pakan sehari. Harga pakan satu gram di kisaran 7 ribu rupiah. Sehingga untuk memberi makan 1000 ekor ayam dalam satu hari akan membutuhkan biaya sekitar 560 ribu rupiah.

Kemudian untuk biaya vaksin atau obat-obatan dalam satu hari yaitu sekitar 50 ribu rupiah. Sementara untuk biaya tenaga kerja harian memelihara ayam ternak tersebut di kisaran harga 50 ribu rupiah. Sehingga apabila komponen produksi ini ditotal maka akan diperoleh biaya produksi harian total 560 ribu rupiah ditambah 50 ribu rupiah ditambah 50 ribu rupiah menjadi sebanyak 660 ribu rupiah dalam satu hari.

3. ROI dan Keuntungan

Setelah mengetahui jumlah modal yang dikeluarkan beserta biaya produksi harian, maka selanjutnya menentukan kapan waktu untuk memperoleh modal kembali. Atau dalam bahasa bisnis dinamakan dengan istilah Return of Investment (ROI). Perhitungan ini juga tidak susah untuk dilakukan. Dimulai dari menghitung pendapatan harian dari telur ayam arab. Sebagai info bahwa ayam arab petelur produktivitasnya lumayan tinggi, walau tidak setinggi ayam petelur kampung biasa. Tetapi jika dalam kondisi prima maka jumlah telur yang dihasilkan dapat mencapai 80%.

Dari informasi tersebut katakana bahwa peternakan ayam arab yang dikelola mampu menghasilkan telur 70% atau sebanyak 700 butir sehari. Dengan harga rata-rata satu butir telur ayam arab senilai 1500 rupiah, maka total pemasukan yang didapat dalam satu hari berkisar senilai 1.05 juta rupiah. Dengan biaya perawatan harian sebesar 660 ribu rupiah, maka dalam satu hari peternak ayam arab dapat meraih untung kurang lebih sebesar 390 ribu rupiah.

Dari nilai keuntungan harian di atas, apabila dikonversikan satu bulan 30 hari, maka dalam satu bulan didapatkan nilai keuntungan sebesar 11.7 juta. Apabila dilihat dari nilai investasi di awal sebesar 85 juta rupiah, maka untuk dapat mengembalikan modal usaha, diperlukan waktu sebanyak kurang lebih 7.5 bulan. Sehingga bila telah melalui 7.5 bulan, maka hasil keuntungan yang didapatkan adalah murni keuntungan usaha saja. Sementara ayam arab sendiri masih mampu bertelur hingga maksimal 2 tahun atau 24 bulan. Jika ayam bertahan untuk bertelur hingga rata-rata 20 bulan, maka masih ada sisa keuntungan yang dapat diraih hingga 12.5 bulan atau satu tahun. Sehingga totalnya dalam satu tahun berikutnya setelah pengembalian modal akan diperoleh nilai sebesar kurang lebih 140 juta rupiah. Belum lagi setelah masa afkir, ayam masih dapat dijual sebagai ayam potong dengan kisaran harga 30 sampai 40 ribu rupiah per ekor.

Tips Budidaya Ayam Arab

budidaya ayam arab

Jika ingin mendapat keuntungan yang maksimal dalam usaha peternakan ayam arab, tentunya harus memperhatikan bagaimana cara budidaya ayam yang baik dan benar. Karena jika tidak demikian, walau sudah mendapat suplai doc ayam arab dan perhitungan yang optimal, maka bisa jadi tidak berjalan sebagaimana mestinya dan mengalami kerugian. Karena itu proses pemeliharaan juga memegang faktor yang penting dalam menentukan keuntungan yang diperoleh. Oleh sebab itu, jika masih pemula dan belum tahu benar, sebaiknya simak berikut ini beberapa tips untuk budidaya ayam arab yang baik supaya dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

# Tips Pertama

Jika ingin memulai usaha ternak ayam, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan modal usaha yang tepat terlebih dahulu. Lakukan perhitungan dasar akan estimasi awal jumlah dana yang diperlukan. Apabila tidak memiliki gambaran maka penjelasan sebelumnya dapat menjadi patokan untuk memulai usaha. Tetapi lebih baik jika mendiskusikan lebih detail mengenai hal ini dengan supplier berpengalaman seperti CV kami yang mampu memberikan gambaran tepat sesuai dengan perkiraan sebenarnya.

# Tips Kedua

Tentukan lokasi untuk membangun kendang ayam yang tepat. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih cukup baik dan memenuhi kriteria yang diperlukan. Seperti misalnya tidak mengganggu warga sekitar dan memiliki pencahayaan maupun sirkulasi memadai. Dengan pemilihan lokasi yang baik, maka pertumbuhan ayam nantinya juga akan menjadi lebih maksimal.

# Tips Ketiga

Pilih doc ayam arab berkualitas, jangan sampai salah memilih yang mudah sakit dan lemah. Karena itu percayakan saja pada CV Nitnot yang sanggup memberikan suplai doc ayam arab berkualitas dengan kesehatan yang maksimal dan cukup prima. Apabila doc cukup sehat tentunya pada masa pertumbuhan akan lebih maksimal dan lebih banyak menghasilkan telur.

# Tips Keempat

Pastikan pemberian pakan yang berkualitas untuk dapat menghasilkan telur yang baik. Cara melihat apakah pakan ayam cukup baik bisa dengan melihat telur yang dihasilkan. Jika telur ayam cangkangnya keras maka pakan yang diterima sudah cukup baik. Jika cangkangnya lembek maka bisa jadi pakan yang diberikan masih kurang baik. Oleh sebab itu sangat penting untuk menentukan jenis pakan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil telur yang berkualitas pula.

# Tips Kelima

Selalu jadwalkan pemberian vaksin dengan teratur untuk menghindari serangan penyakit ayam. Terutama yang banyak terjadi yaitu serangan penyakit tetelo. Jika tidak segera diatasi maka hal tersebut dapat membuat ayam terserang penyakit dan akhirnya meninggal. Lain halnya jika rajin diberikan obat serta vaksin, maka ayam akan lebih sehat dan prima.

# Tips Keenam

Usahakan agar ayam tidak stres supaya dapat menghasilkan produksi telur yang maksimal. Karena jika ayam merasa sering gelisah dan cemas maka umumnya produksi telurnya bisa menurun. Contohnya bila di sekitar kendang ada hewan pemangsa, secara tidak langsung hal ini dapat menimbulkan rasa stres pada ayam dan membuat produksi telur menurun drastis.

# Tips Ketujuh

Jangan lupa pula untuk selalu rajin membersihkan kendang supaya tidak mudah kotor, lembap dan berbau. Untuk menghindari penularan penyakit selalu sediakan disinfektan di area kendang ayam. Pastikan juga jenis kendang yang digunakan tepat sesuai kebutuhan. Misalnya kendang untuk ayam usia 2 bulan dan usia 5 bulan sudah berbeda.

# Tips Kedelapan

Kemudian yang tidak kalah penting yaitu memastikan waktu kawin yang tepat supaya menghasilkan lebih banyak telur. Umumnya dalam 15 menit ayam arab dapat kawin hingga 3 kali. Oleh karena itu memaksimalkan waktu kawin akan menentukan jumlah telur yang dapat dihasilkan.

Kelebihan CV Nitnot – AyamJoper.ID

beli ayam arab di ayamjoper.id

Setelah memutuskan untuk memulai usaha peternakan ayam arab, tentu memilih supplier yang tepat adalah tujuan yang juga menentukan. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, bekerja sama dengan CV Nitnot dijamin akan memberikan kemudahan dan keuntungan dalam melakukan bisnis serta menjalankan usaha peternakan ayam arab. Ada beberapa poin yang membuat perusahaan kami jauh lebih unggul dari supplier ayam arab lainnya. Berikut ini beberapa keuntungan jika bekerja sama dengan kami:

  1. Perusahaan kami menerapkan sistem pemesanan doc ayam arab yang terbilang mudah. Bila ingin melakukan order cukup lakukan melalui dua hal, yang pertama bisa dengan mengisi form yang ada di situs kami dengan lengkap. Setelah itu order akan kami proses hingga sampai pengiriman ke lokasi dengan waktu yang cepat. Apabila tidak dapat mengakses situs kami, maka bisa juga dilakukan pemesanan via telepon maupun sms. Tentunya respon akan jauh lebih cepat dan order akan segera diproses pada hari yang sama. Dengan cara order yang mudah dan cepat ini, pelanggan tidak membutuhkan waktu lama hingga menerima doc ayam arab yang diperlukan.
  2. Pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan kami dapat tergolong cepat dan tepat waktu. Dikarenakan kami langsung mengirim baik DOC / Pullet / Pakan dll dengan menggunakan armada kita sendiri langsung ke lokasi dan kami juga memiliki kelengkapan surat yang selalu diperbaharui dari dinas peternakan untuk pengiriman ayam antar pulau. Oleh karena itu tidak perlu khawatir terganjal masalah pengiriman, sekalipun berada di pelosok Indonesia. Dengan pengalaman kami yang telah bertahun-tahun menekuni bisnis suplai doc ayam arab, tentunya sistem pengiriman kami telah disesuaikan untuk selalu sampai pada pelanggan tepat waktu.
  3. CV Nitnot juga berkomitmen memberikan suplai dengan harga yang minimalis dan ekonomis. Karena itu dijamin tentu akan cukup bersaing dengan supplier lainnya. Selain itu perusahaan kami juga dapat dipercaya secara maksimal berkat pengalaman baik kami di tahun-tahun yang lalu. Tidak perlu khawatir ayam tidak terkirim, karena untuk seluruh wilayah jawa, kami menggunakan sistem bayar cash ketika barang sudah di terima. Untuk wilayah luar jawa harus tranfer lunas dahulu, namun anda tidak perlu takut, karena kami menggunakan rekening GIRO bukan rekening pribadi, jadi kami tidak bisa main main dengan uang anda, kami pastikan aman bertransaksi dengan kami.
  4. Kelebihan lain yaitu kualitas ayam yang kami kirim akan selalu berupa kualitas unggulan yang super serta selalu prima dan sehat. Karena itu tidak perlu khawatir mendapat suplai yang buruk. Karena di tempat kami komitmen akan kualitas juga sangat dikedepankan. Sehingga setiap ayam yang akan dikirim telah dipilih secara seksama memiliki kesehatan yang baik dan prima hingga sampai lokasi yang dituju. Hal ini karena kami berprinsip supaya pelanggan memperoleh keuntungan yang maksimal melalui doc ayam arab yang kami kirimkan. Sehingga usaha peternakan ayam arab yang dikembangkan para pelanggan dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Itulah sekilas tentang seluk beluk usaha peternakan ayam arab yang sebaiknya diketahui oleh para calon pengusaha ternak ayam. Terutama jika dalam wakti dekat sudah berencana untuk memulai bisnis tersebut. Jangan sampai salah memiliki rekan dan supplier, karena hal tersebut bisa membuat usaha tidak berjalan dengan baik. Jangan sampai pula tertipu oleh sekedar harga murah tetapi tidak mengedepankan kualitas.

Oleh sebab itu segera hubungi CV Nitnot dan jangan ragu untuk memulai bisnis bersama kami. Untuk lebih meyakinkan sebaiknya sempatkan waktu melihat situs usaha kami di www.ayamjoper.id yang akan memberikan informasi portfolio usaha kami lebih jelas. Prinsip yang kami miliki adalah kami ingin para pengusaha dan partner kami memiliki keuntungan yang besar pula. Karena itu tidak perlu ditunda lagi, segera hubungi kami dan dapatkan penawaran menarik yang spesial.

Last Updated on

1 thought on “Seluk Beluk Usaha Peternakan Ayam Arab Dan Peluangnya”

Leave a Comment